Penyebab Proses Perpindahan Asosiasi Maarten Paes Berujung di Pengadilan Arbitrase Olahraga atau CAS : Okezone Bola

 

Penyebab Proses Perpindahan Asosiasi Maarten Paes Berujung di Pengadilan Arbitrase Olahraga atau CAS : Okezone Bola

Ramdani BurJurnalis Selasa 30 April 2024 14:29 WIB
Proses perpindahan asosiasi Maarten Paes dari KNVB ke PSSI berujung di pengadilan CAS. (Foto: REUTERS)
A
A
A
0
Total Share

PENYEBAB proses perpindahan asosiasi Maarten Paes berujung di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) akan diulas Okezone. Maarten Paes Resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Selasa (30/4/2024) pagi WIB.

Meski sudah mendapatkan paspor Indonesia, Maarten Paes tidak serta merta bisa langsung memperkuat Timnas Indonesia. Menurut aturan, kiper 25 tahun ini harus berpindah asosiasi atau federasi dari KNVB ke PSSI terlebih dulu.

Maarten Paes resmi jadi WNI. (Foto: Kemenkumham)

(Maarten Paes resmi jadi WNI. (Foto: Kemenkumham)

Setelah disetujui FIFA, barulah Maarten Paes bisa memperkuat Timnas Indonesia. Namun, ada sedikit yang mengganjal dalam proses perpindahan asosiasi Maarten Paes.

Kiper FC Dallas ini dinilai tidak memenuhi persyaratan artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi. Dalam artikel itu tertulis, seseorang bisa berganti tim nasional atau federasi jika berusia di bawah 21 tahun saat terakhir kali membela sang tim nasional pertama, baik di level junior maupun senior, dalam pertandingan resmi.

Tak sampai di situ, sang pemain juga wajib lebih dari tiga tahun tidak membela tim nasional dan tidak mempunyai caps lebih dari tiga kali. Mengacu kepada artikel di atas, Maarten Paes melanggar satu aturan.

BACA JUGA:

Ia pernah membela Timnas Belanda U-21 di usia 22 tahun, atau melebihi batas usia yang ditetapkan artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi yakni 21 tahun. Bagi yang belum tahu, di Eropa, tim nasional kelompok umur memang mentok di level U-21.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, pemain yang berusia 22 atau 23 tahun juga diizinkan ambil bagian di tim U-21. Karena itulah, Maarten Paes membela Timnas Belanda U-21 di Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021 pada 15 November 2020 di usia 22 tahun.

Maarten Paes, siap perkuat Timnas Indonesia. (Foto: REUTERS)

(Maarten Paes siap perkuat Timnas Indonesia. (Foto: REUTERS)

Meski secara aturan sudah melanggar, kabarnya Maarten Paes masih bisa memenangkan perkara. Kabarnya, aturan artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi tidak berlaku bagi negara yang tidak mengenal sistem dwi kewarganegaraan seperti Indonesia.

Karena itu, Maarten Paes berpeluang memenangkan perkara di sidang CAS nantinya. Sejauh ini belum diketahui kapan hasil sidang CAS akan keluar, namun harapannya segera selesai.

Sebab, tenaga Maarten Paes dibutuhkan Timnas Indonesia untuk mengarungi dua laga pamungkas di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sesuai Jadwal, Timnas Indonesia akan menjamu Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024).

BACA JUGA:

Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan dari dua laga sisa untuk menyegel tempat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan putaran final Piala Asia 2027.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek