Vietnam Kritik Naturalisasi Timnas, Sandy Walsh: Kami Semua Indonesia - BeritaSatu

 

Vietnam Kritik Naturalisasi Timnas, Sandy Walsh: Kami Semua Indonesia

BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com - Bek Sandy Walsh angkat bicara soal kritikan banyaknya pemain naturalisasi di Timnas Indonesia. Sandy ogah ambil pusing soal kritikan tersebut dan menegaskan skuad Garuda seluruhnya merupakan satu Indonesia.

ADVERTISEMENT

"Kami semua adalah Indonesia. Mungkin mereka punya beberapa kritikan, tetapi kami semua adalah Indonesia. Kami satu tim, mewakili negara ini adalah kebanggaan bagi kami, bagi rekan tim saya, kami semua di sini bersama," ujar Sandy Walsh dalam konferensi pers di Stadion Gelora Bung Karno, Rabu (20/3/2024).

Timnas Indonesia memang diisi oleh beberapa pemain naturalisasi saat ini. Pelatih Shin Tae-yong bahkan juga telah memanggil sembilan pemain naturalisasi untuk tampil melawan Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pemain-pemain naturalisasi tersebut, yaitu Sandy Walsh, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, Thom Haye, Marc Klok, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen.

Kecuali Marc Klok dan Justin Hubner, pemain pemain-pemain naturalisasi tersebut saat ini juga tengah memperkuat tim-tim di Eropa. Justin sejatinya merupakan pemain klub Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers. Namun, bek berusia 20 tahun itu tengah dipinjamkan ke Cerezo Osaka.

Saat Indonesia tengah membangun tim dengan suntikan pemain naturalisasi, sejumlah kritik berdatangan termasuk media lokal Vietnam yang beberapa kali menyinggungnya. Tak hanya itu, bek Vietnam Do Du May bahkan menyebut skuad Garuda sudah seperti Timnas Belanda.

Sandy Walsh menyebut kritik tersebut menggambarkan Vietnam yang seolah iri. Bek KV Mechelen itu pun menegaskan, pemain-pemain naturalisasi di skuad Garuda saat ini memiliki segala syarat untuk memperkuat Timnas Indonesia.

"Saya pikir mungkin mereka sedikit iri karena kami memiliki pemain-pemain di Eropa, mungkin itu perbedaannya, tetapi kami punya paspor Indonesia, darah Indonesia, jadi kami semua Indonesia. Cukup beruntung memiliki beberapa pemain di Eropa, bermain di luar negeri, bersama dengan pemain berkualitas di liga lokal (Liga 1). Kami semua satu tim," jelas pemain berdarah Surabaya itu.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam WIB. Selanjutnya, skuad Garuda akan bertandang ke markas Vietnam, Selasa (26/3/2024).

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek