SOSOK Lee Carsley, Ditunjuk FA Jadi Pengganti Gareth Southgate Tangani Timnas Inggris - Tribunmadura

 

SOSOK Lee Carsley, Ditunjuk FA Jadi Pengganti Gareth Southgate Tangani Timnas Inggris - Tribunmadura

TRIBUNMADURA.COM - Teka-teki pengganti Gareth Southgate sebagai pelatih timnas Inggris akhirnya terkuak.

Itu setelah Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) telah resmi menunjuk Lee Carsley sebagai pelatih kepala sementara timnas Inggris.

Lee Carsley diplot mengisi kekosongan kursi pelatih sepeninggal Gareth Southgate yang memutuskan mundur dari posisi manajer timnas Inggris, dua hari setelah kekalahan kontra Spanyol di final Euro 2024.

Southgate mundur dari posisinya usai Inggris dikalahkan Spanyol 1-2 di babak final pada Minggu (14/7/2024).

"Sebuah kehormatan untuk melangkah dan memimpin tim Inggris ini untuk sementara waktu."

"Saya sangat mengenal para pemain dan siklus sepak bola internasional, masuk akal bagi saya untuk memandu tim, sementara FA melanjutkan proses untuk merekrut manajer baru," ujar Carsley dikutip dari situs England Football.

"Prioritas utama saya adalah untuk memastikan kesinambungan dan tujuan kami adalah untuk mengamankan promosi di UEFA Nations League," jelas Carsley.

Pelatih kelahiran Birmingham itu akan memulai perjalanannya memimpin skuad berjuluk "Tiga Singa" di UEFA Nations League 2024-2025 pada September.

Inggris dijadwalkan akan menghadapi Irlandia pada Sabtu (7/9/2024) dan Finlandia di Stadion Wembley, Selasa (10/9/2024).

Carsley bukan sosok asing di skuad senior, sebab ia ikut berperan sebagai pendukung tim teknis saat tiga turnamen besar Euro 2020, Piala Dunia 2022, dan Euro 2024.

Selain itu, ia merupakan pelatih untuk timnas U21 Inggris sejak 2021.

Ben Futcher akan mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Carsley saat timnas U21 Inggris berlaga di Kualifikasi Euro U21 2025.

"Lee adalah pelatih fantastis yang sudah dikenal oleh sebagian besar skuad senior kami saat ini, karena telah bekerja sama dengan sebagian besar dari mereka di level internasional atau klub," kata CEO FA, Mark Bullingham.

"Dia menawarkan solusi sementara yang sangat kuat dan kami yakin dia akan tampil dengan baik di pertandingan UEFA Nations League ke depan."

"Kami berterima kasih kepada Lee yang telah melangkah untuk mengelola tim sementara kami melanjutkan proses perekrutan pemain," lanjut Bullingham.

Timnas Inggris berada di Grup F Nations League B Grup 2 dan akan menghadapi Irlandia, Finlandia, serta Yunani.

Carsley memiliki kans mengikuti jejak Southgate yang diangkat secara resmi sebagai manajer timnas Inggris.

Southgate sempat menempati posisi pelatih timnas U21 Inggris, sebelum akhirnya diangkat sebagai manajer tim senior pada 2017.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita