Alasan Petinju Italia Mundur Lawan Imane Khelif di Olimpiade 2024 - CNN Indonesia

 

Alasan Petinju Italia Mundur Lawan Imane Khelif di Olimpiade 2024

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Kata-kata petinju putri Italia Angela Carini ke ofisial tim sebelum mundur lawan Imane Khelif di Olimpiade 2024 terungkap lewat penerjemah gerak bibir.

Carini memutuskan mundur dalam pertarungan yang baru berlangsung 46 detik usai mendapat pukulan telak di hidung dari petinju Aljazair, Imane Khelif.

Hasil ini jadi sorotan karena Imane Khelif diterpa isu kontroversi gender. Sebelumnya Khelif sempat dilarang tampil di Kejuaraan Dunia tahun lalu karena perdebatan bologis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di Olimpiade Paris, Khelif dinyatakan memenuhi syarat untuk tampil oleh International Olympic Committee (IOC) yang mencabut pengakuan internasional IBA tahun lalu.

Spekulasi bertebaran di dunia maya. Banyak pihak yang menduga Carini mundur karena berkaitan dengan status kontroversi lawan.

Namun, Gazzetta delo Sport mengungkapkan pernyataan Carini kepada tim Italia sebelum memutuskan mundur dalam pertarungan yang terlalu dini.

Lewat seorang pembaca gerak bibir, Carini disebut mengeluhkan rasa sakit yang luar biasa usai mendapat pukulan dari Khelif.

Selain itu, Carini juga mengungkapkan kepada ofisial tim tinju Italia bahwa dia memutuskan mundur karena kondisi sakit, bukan karena isu kontroversi gender yang diglorifikasi segelintir media.

"Saya menerima pukulan kedua di hidung dan itu sangat menyakitkan, saya tidak ingin melanjutkan pertarungan."

"Apakah saya membiarkan diri saya dipengaruhi oleh kasus media? Tidak. Saya di sini untuk memenangkan Olimpiade. Mundur adalah tanda kedewasaan, bukan menyerah!" ujar Carini.

Sebelum pertarungan, Carini juga sudah menegaskan tunduk terhadap aturan Olimpiade. Ia tidak mempermasalahkan isu kontroversi gender yang melibatkan Khelif.

(jun/har)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita