Puji Kualitas Timnas U19 Indonesia, Pelatih Filipina Banyak Belajar Soal Pembinaan Pemain Muda - Komaps

 

Puji Kualitas Timnas U19 Indonesia, Pelatih Filipina Banyak Belajar Soal Pembinaan Pemain Muda

KOMPAS.com - Babak penyisihan Piala AFF 2024 telah selesai dilaksanakan.

Indonesia yang berada di puncak klasemen akhir Grup A berhak melaju ke semifinal.

Pelatih Timnas U19 Filipina Josep Maria Ferre memuji kualitas yang dimiliki Indonesia. Dalam tiga laga, skuad Garuda Muda mampu meraih kemenangan sempurna.

Ia menilai Timnas U19 Indonesia telah melakukan persiapan yang cukup matang sebelum turun di turnamen paling bergengsi di Asia Tenggara itu. Salah satunya dengan mengikuti turnamen internasional Toulon Cup di Perancis beberapa waktu lalu.

Baca juga: Klasemen Akhir Grup A dan Jadwal Semifinal Indonesia di Piala AFF U19 2024

“Saya rasa Indonesia sudah melakukan pekerjaan dengan baik. Khususnya untuk persiapan turnamen ini dan Kualifikasi Piala Asia U20,” ujar Josep Ferre.

“Anda bisa melihat bagaimana level laga yang mereka mainkan beberapa waktu lalu saat lawan Ukraina, Panama, Italia, dan Jepang di Toulon Cup. Itu adalah persiapan yang luar biasa dan Indonesia melakukan dengan sangat bagus melawan tim-tim tersebut, itulah yang jadi perbedaan dengan kita,” imbuhnya.

Pelatih Timnas U19 Filipina Josep Ferre saat saat prematch Piala AFF U19 2024 di Hotel Wyndam Surabaya, Selasa (16/7/2024) siang.

Lihat Foto

Pelatih Timnas U19 Filipina Josep Ferre saat saat prematch Piala AFF U19 2024 di Hotel Wyndam Surabaya, Selasa (16/7/2024) siang.(KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU)

Ia pun mengakui bahwa level Filipina di level usia dini memang belum mencapai level seperti Indonesia.

Ada beberapa hal yang dapat dipelajari Filipina dari Timnas U19 Indonesia untuk memperbaiki pembinaan pemain muda di Filipina.

Baca juga: Iqbal Gwijangge, Bek Tengah yang Jadi Top Skor Indonesia di Piala AFF U19 2024

“Di Filipina, kami belum berada pada level itu, baik di liga maupun pembinaan usia muda. Bagi kami, Indonesia telah menunjukkan sesuatu yang harus kami perbaiki,” ujar pelatih asal Spanyol itu.

“Jadi, ini bisa menjadi sebuah kesempatan yang bagus dan pekerjaan kami akan dimulai dari sini.”

“Tiga bulan lalu, ketika saya tiba di Filipina, saya bilang pada presiden (federasi sepak bola Filipina, PFL). Kita harus melihat dengan seksama apa yang dilakukan Indonesia karena mereka melakukan sesuatu yang kuat untuk pengembangan pemain muda,” beber Josep Ferre.

Pelatih Timnas U19 Indonesia, Indra Sjafri.

Lihat Foto

Pelatih Timnas U19 Indonesia, Indra Sjafri.(KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU)

Baca juga: Keyakinan Timor Leste Bisa Imbangi Indonesia di Laga Piala AFF U19

Selain itu, Josep Ferre juga terkesan dengan kiprah pelatih Timnas U19 Indonesia Indra Sjafri yang konsisten dalam pembinaan pemain usia dini dan sukses menuai banyak prestasi.

“Saya sangat terkesan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh Pelatih Indonesia (Indra Sjafri) juga perhatian pada pembinaan usia muda sangat luar biasa,” ujar mantan tim pelatih Persis Solo itu.

“Hasil dari pekerjaan ini mungkin bisa anda lihat dengan segera pada turnamen ini. Akan tetapi juga di tim nasional level senior karena mereka akan siap bermain di sana,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita