Prediksi dan Link Live Streaming Rumania vs Belanda: Menanti Konsistensi 'Timnas Pusat' - Jawa Pos

 

Prediksi dan Link Live Streaming Rumania vs Belanda: Menanti Konsistensi 'Timnas Pusat' - Jawa Pos

JawaPos.com — Laga babak 16 besar Euro 2024 akan mempertemukan Rumania dan Belanda di Munchen Football Arena, Munchen, Jerman, pada Selasa, 2 Juli 2024 pukul 23.00 WIB. Pertandingan ini bisa disaksikan melalui siaran langsung RCTI serta live streaming di Vision+ channel Sportstars 3 dan Sportstars 4.

"Timnas Pusat", julukan bagi Timnas Belanda yang diberikan oleh netizen Indonesia, secara kualitas lebih diunggulkan dibandingkan Rumania. Namun, performa Oranje sepanjang babak penyisihan Grup D Euro 2024 kurang meyakinkan. Tim asuhan Ronald Koeman hanya mampu lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Sementara itu, Rumania tampil cukup bagus di Grup E. Anak asuh Edward Iordănescu berhasil menjadi juara grup dengan mengalahkan Belgia, Slovakia, dan Ukraina. Meski keempat tim sama-sama mengoleksi 4 poin, keberhasilan Tricolorii mengungguli Belgia, salah satu tim pot 1, layak diapresiasi.

Di Euro 2024, Belanda memiliki kualitas individual yang melimpah. Sembilan pemain dalam skuad mereka bermain di Liga Inggris, empat di Liga Jerman, empat di Liga Italia, dan hanya enam yang berasal dari tiga raksasa Eredivisie. Belanda juga didukung dengan sejarah berupa keunggulan head-to-head atas Rumania. Sebelum laga 16 besar Euro 2024 ini digelar, kedua tim tercatat pernah bertemu di 14 pertandingan dan Oranje unggul jumlah kemenangan. Belanda meraih 10 kemenangan atas Rumania, sementara Tricolorii baru 3 kali mendapatkan hasil positif. Satu pertandingan lainnya berakhir imbang pada laga uji coba tahun 1974 dengan skor 0-0.

Baca Juga: Hasil Euro 2024: Prancis ke Perempat Final Dibantu Gol Bunuh Diri Lawan, Portugal Susah Payah Singkirkan Slovenia Lewat Adu Penalti

Salah satu kemenangan Belanda terjadi di satu-satunya perjumpaan kedua negara di putaran final Piala Eropa. Momen itu terjadi di laga Grup C Euro 2008 ketika Oranje menang 2-0 melalui gol Klaas-Jan Huntelaar dan Robin van Persie. Namun, melihat performa Belanda di babak grup, muncul keraguan terkait aksi tim asuhan Ronald Koeman. Belanda hanya lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik dengan koleksi 4 poin di Grup D, di bawah Austria (6 poin) dan Prancis (5 poin).

Secara statistik, Belanda hanya mampu mengemas 4 gol dari tiga laga babak grup. Sebaliknya, pertahanan Oranje sangat rapuh karena kebobolan 4 gol, termasuk tiga gol dalam kekalahan 2-3 dari Austria di laga terakhir babak grup. Statistik lainnya menunjukkan Belanda melepaskan 39 tembakan atau 13 per laga, tetapi banyak yang tidak tepat sasaran. Hanya ada 10 tembakan yang tepat sasaran atau 3,33 shots on target per laga.

"Tidak ada pertandingan mudah di sini karena setiap tim punya gaya bermain masing-masing. Hal itu membuat kamu harus melakukan persiapan dan adaptasi yang berbeda terutama terkait taktik," jelas gelandang Jerdy Schouten dikutip laman resmi UEFA.

Secara performa dan peringkat klasemen grup, Belanda memang mengecewakan. Namun, ada berkah ketika Oranje finis di posisi ketiga Grup D. Pasalnya, di bagan babak gugur mereka batal bertemu Turki andai menjadi juara grup. Mereka juga terhindar dari pertemuan melawan Belgia jika saja finis sebagai runner-up. Bahkan, jika menjadi runner-up, Belanda akan masuk blok yang diisi negara kuat seperti Jerman, Spanyol, dan Portugal.

Di kubu lawan, Rumania tampil cukup meyakinkan di Grup E. Mengalahkan Ukraina 3-0, kalah 2-0 dari Belgia, dan menahan Slovakia 1-1 adalah catatan mereka di babak grup. Rentetan hasil tersebut sudah cukup untuk mengantar Tricolorii menjadi juara grup. Menghadapi Belanda, Rumania bertekad tampil berani lagi. Statistik mereka tidak jelek, bahkan lebih unggul dari Oranje dalam hal shots on target berjumlah 14 di tiga laga babak grup.

Jika menang, Rumania akan mengulangi catatan di Euro 2000 saat berhasil menembus babak perempat final. Namun, saat itu turnamen hanya diikuti 16 tim sehingga tidak ada babak 16 besar melainkan langsung fase perempat final setelah babak grup.

Baca Juga: Gagal Eksekusi Penalti di Babak Tambahan Waktu, Cristiano Ronaldo Menangis, Minta Maaf ke Fans Usai Bayar Tuntas di Adu Penalti

"Kami punya rasa kebersamaan, keberanian, dan determinasi. Kami telah memenuhi target awal kami yakni lolos ke babak gugur. Sekarang kami harus fokus mengalahkan Belanda dan kemudian Austria atau Turki di perempat final," ucap kiper Florin Niță.

Satu masalah bagi Rumania adalah absennya bek kiri Nicușor Bancu karena akumulasi kartu kuning. Padahal, Bancu adalah pilihan utama di posisi tersebut. Sebagai pengganti, Iordănescu bisa memilih pemain serba bisa seperti Deian Sorescu. Pemain lain seperti Niță, Radu Drăgușin, dan Răzvan Marin diprediksi akan main sejak menit awal. Demikian halnya dengan kapten Nicolae Stanciu yang menjadi sosok tak tergantikan di lini tengah.

Belanda sendiri bisa turun dengan kekuatan terbaiknya. Denzel Dumfries yang diistirahatkan saat melawan Austria diperkirakan akan kembali menjadi starter. Demikian juga dengan Xavi Simons yang hanya menjadi pemain pengganti di laga tersebut.

Rumania (4-1-4-1): Florin Niță; Andrei Rațiu, Radu Drăgușin, Andrei Burcă, Deian Sorescu; Marius Marin; Răzvan Marin, Nicolae Stanciu, Dennis Man, Valentin Mihăilă; Denis Drăguș
Pelatih: Edward Iordănescu

Belanda (4-2-3-1): Bart Verbruggen; Denzel Dumfries, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Aké; Jerdy Schouten, Tijjani Reijnders; Jeremie Frimpong, Xavi Simons, Cody Gakpo; Memphis Depay
Pelatih: Ronald Koeman

Kedua tim terakhir kali bertemu di laga uji coba pada 2017 ketika Belanda menang 3-0 melalui gol Memphis Depay, Ryan Babel, dan Luuk de Jong. Stanciu dan Denis Alibec saat itu turun sebagai pemain pengganti, sedangkan Niță dan Bancu duduk di bangku cadangan. Di kubu Oranje, nama-nama seperti Memphis, Nathan Aké, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, dan Georginio Wijnaldum kembali menjadi bagian skuad di Euro 2024.

Rumania terakhir kali mengalahkan Belanda di laga Kualifikasi Euro 2008. Saat itu, Dorin Goian menjadi pahlawan Rumania berkat gol yang ia ciptakan dalam laga yang berakhir dengan skor 1-0.

5 Pertemuan Terakhir Rumania vs Belanda:

14 November 2017: Rumania vs Belanda 0-3 (Friendly Match)
26 Maret 2013: Belanda 4-0 Rumania (Kualifikasi Piala Dunia 2014)
16 Oktober 2012: Rumania 1-4 Belanda (Kualifikasi Piala Dunia 2014)
17 Juni 2008: Belanda 2-0 Rumania 2-0 (Euro)
13 Oktober 2007: Rumania 1-0 Belanda (Kualifikasi Euro 2008)

5 Pertandingan Terakhir Rumania:

26 Juni 2024: Slovakia 1-1 Rumania (Euro)
23 Juni 2024: Belgia 2-0 Rumania (Euro)
17 Juni 2024: Rumania 3-0 Ukraina (Euro)
8 Juni 2024: Rumania 0-0 Liechtenstein (Friendly Match)
5 Juni 2024: Rumania 0-0 Bulgaria (Friendly Match)

5 Pertandingan Terakhir Belanda:

25 Mei 2024: Belanda 2-3 Austria (Euro)
22 Juni 2024: Belanda 0-0 Prancis (Euro)
16 Juni 2024: Polandia 1-2 Belanda (Euro)
11 Juni 2024: Belanda 4-0 Islandia (Friendly Match)
7 Juni 2024: Belanda 4-0 Kanada (Friendly Match)

Jika tidak ada perubahan, jadwal pertandingan Euro 2024 antara Rumania vs Belanda di Munchen Football Arena, Munchen, Jerman, akan tayang live di RCTI dan Vision+ channel Sportstars 3 serta Sportstars 4 pada Selasa, 2 Juli 2024 pukul 23.00 WIB. Untuk menyaksikan Euro 2024 di Vision+, Anda dapat berlangganan Paket Euro Regular Pack seharga Rp 99.000 yang berlaku selama 62 hari.

Link Live Streaming Rumania vs Belanda Euro 2024: RCTI (https://www.visionplus.id/webclient/watch/channel/2/rcti?cnumb=2)

Link Live Streaming Rumania vs Belanda Euro 2024: Sportstars 3 (https://www.visionplus.id/webclient/watch/channel/38850/sportstars-3?cnumb=38850)

Link Live Streaming Rumania vs Belanda Euro 2024: Sportstars 4 (https://www.visionplus.id/webclient/watch/channel/56090/sportstars-4?cnumb=56090)

Konten berikut adalah iklan platform Geozo, media kami tidak terkait dengan materi konten ini.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek