Nova Arianto: Timnas Indonesia U-16 Dipersiapkan untuk Senior, Bukan untuk Juarai Piala AFF U-16 - TvOnenews

 

Nova Arianto: Timnas Indonesia U-16 Dipersiapkan untuk Senior, Bukan untuk Juarai Piala AFF U-16

Solo, tvOnenews.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengungkap sejumlah hal yang diperlukan anak-anak asuhnya agar bisa sampai ke tim senior.

Skuad Garuda Asia sedang berlaga di Piala AFF U-16 2024, yang diselenggarakan di Solo, pada saat ini.

Setelah melalui fase grup dengan gemilang, usai menyapu bersih kemenangan dengan mencetak 12 gol dan kebobolan sekali dari tiga laga, Timnas Indonesia U-16 melaju ke semifinal dan menghadapi Australia.

Namun, tim asuhan Nova Arianto itu kandas dengan skor 3-5 setelah berjuang keras selama 90 menit, dengan hanya 10 orang saja dalam sebagian besar permainan.

Nova menilai kondisi mental dan fisik Zahaby Gholy dan kolega sudah luar biasa, terutama setelah kalah jumlah pemain di laga kontra Australia.

Nova, yang merupakan asisten Shin Tae-yong di tim senior, menilai bahwa mentalitas seperti itu sudah menjadi modal untuk bisa mencapai ke tim senior.

Sebab, tim U-16 asuhannya adalah masa depan untuk tim senior, bukan sekadar mengejar trofi di level U-16 pada saat ini.

“Kalau lihat selama berjalannya turnamen saat ini, ya kondisi fisik dan mental saya bisa bilang luar biasa,” kata Nova ketika ditemui wartawan, termasuk tvOnenews.com, pada Selasa (2/7/2024) di Solo.

“Saya bisa bilang tim ini bukan dipersiapkan untuk Piala AFF atau kualifikasi, saya bilang tim ini disiapkan utnuk timnas ke depan, masa depan timnas ada di U-16 dan saya bilang bahwa daya juang dan mental mereka seperti ini jadi modal awal mereka  untuk bisa bawa ke senior,” sambungnya.

“Kalau masalah skill dan kemampuan individu masih bsia kita bentuk. Tapi kalau pemain punya mental yang bagus, daya juang tinggi dan kerja keras itu bisa saya panggil sampai senior,” tukasnya.

Nova Arianto juga memuji kecerdasan para pemain dalam skuadnya yang bisa memahami taktik dengan baik.

Dia berharap agar pemahaman taktik seperti ini bisa membawa Matthew Baker dan kolega untuk sampai ke senior.

“Pemahaman taktik berjalan lancar. Sekali lagi, saya bersyukur dengan pemain ini sangat pintar dalam arti menjalani taktik yang saya inginkan,” tutur Nova.

“Dalam memahami permaiann yang saya inginkan, ini jadi sesuatu yang bisa mereka bawa sampai senior,” pungkasnya. (rda)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek