Fenomena Timnas Pusat Disayang Suporter Indonesia, Netizen: Kembalikan Saja Hindia Belanda? - suara

 

Fenomena Timnas Pusat Disayang Suporter Indonesia, Netizen: Kembalikan Saja Hindia Belanda?

Suara.com - Kemenangan Timnas Belanda 2-1 atas Polandia di laga perdana Euro 2024, Minggu (16/6/2024) malam WIB, tak hanya disambut suka cita pendukung mereka di Eropa.

Raihan poin penuh itu juga mendapat sambutan antusias dari suporter Indonesia di sejumlah kota seperti Jakarta dan Ambon.

Seperti diketahui, dalam laga itu De Oranje sempat tertinggal lewat tandukan Adam Buksa. Namun, 'Timnas Pusat' julukan yang diberikan suporter Indonesia, mampu membalikkan skor lewat sepakan Cody Gakpo dan Wout Weghorst, tujuh menit jelang bubaran.

Uniknya, suporter Timnas Indonesia di Jakarta dan Ambon tumpah ruah merayakan kemenangan di laga perdana itu hingga menggelar konvoi.

Baca Juga: Daftar Pencetak Gol Tertua Piala Eropa, Rekor yang Sangat Mungkin Dipatahkan Cristiano Ronaldo di Euro 2024

Perayaan suporter di Indonesia pasca kemenangan itu menjadi sorotan kelompok suporter Ultras Belanda, @VoetbalUltras melalui X.

"Di ibu kota Indonesia, Jakarta, dan di pulau Ambon di Kepulauan Maluku, masyarakat sangat bersimpati dengan timnas Belanda. Setelah kemenangan atas Polandia, masyarakat turun ke jalan secara massal untuk merayakan keberhasilan tersebut," tulis akun tersebut yang dilansir Suara.com, Selasa (18/6/2024).

Sontak saja, video perayaan kemenangan itu menjadi perbincangan suporter Timnas Belanda di kolom komentar.

"Agak aneh, bukan? Apa hanya aku saja yang menganggap ini agak aneh?," tulis @MartinMaters.

"Bagaimana rasanya menjadi miskin dan dijajah Belanda?," timpal @sxg666.

Baca Juga: Fanbase Paling Ditakuti di Seantero Eropa, UEFA Selidiki Vandalisme Suporter Serbia di Euro 2024

"Di Jakarta, masyarakat bahkan lebih bahagia dengan kemenangan Belanda di fase grup dibandingkan Belanda sendiri," balas @gabvdhamvit.

"Sungguh luar biasa betapa terhubungnya orang-orang ini dengan Belanda. Meskipun terdapat janji-janji tertentu yang belum dapat ditepati oleh Belanda. Mereka memang pantas mendapatkannya," tulis @CuteEyeBall93.

"Kembalikan Hindia Belanda," balas @jensajax1900.

Sementara itu, kemenangan ini membuat Belanda memuncaki klasemen sementara Grup D dengan tiga poin. Sedangkan Polandia menepati dasar klasemen, demikian dikutip dari laman resmi UEFA.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek