ASEAN Cup U-16 2024 - Media Vietnam Protes Dicurangi VAR: Wasitnya Payah! - Semua Halaman - Superball

 

ASEAN Cup U-16 2024 - Media Vietnam Protes Dicurangi VAR: Wasitnya Payah! - Semua Halaman - Superball

SUPERBALL.ID - Imbas kalah di semifinal ASEAN Cup U-16 2024 dari Thailand, publik Vietnam protes merasa dicurangi VAR dan tak puas dengan kinerja wasit.

Timnas U-16 Vietnam menelan kekalahan tipis 1-2 dari Timnas U-16 Thailand di semifinal ASEAN Cup U-16 2024, Senin (1/7/2024) di Stadion Manahan, Solo.

Hasil itu memicu ketidakpuasaan fan Timnas U-16 Vietnam yang merasa tim kesayangan mereka telah dicurangi wasit menggunakan Video Assistant Referee (VAR).

Ya, babak semifinal ASEAN Cup U-16 2024 turut menerapkan VAR sebagai alat bantu bagi wasit utama dalam mengambil keputusan.

Sayangnya publik Vietnam dibuat geram dengan penggunaan VAR itu usai target memperbaiki rekor juara di turnamen ini gagal total.

Cemooh pun dilontarkan kepada wasit yang memimpin jalannya pertandingan, publik Vietnam benar-benar tidak bisa menerima kekalahan itu.

Padahal, Vietnam justru diuntungkan VAR ketika wasit memberi hadiah penalti di menit ke-52 dan Dau Hong Phong berhasil membawa timnya unggul 1-0.

Nahas, keunggulan itu tak bertahan lama setelah Phuriphan berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-61.

Mimpi buruk Vietnam pun datang di menit akhir laga setelah Chaiwat berhasil mencetak gol kemenangan di menit ke-90+3, skor akhir 1-2.

Baca Juga: Hasil ASEAN Cup U-16 2024 - Tertinggal Lebih Dulu, Thailand ke Final Usai Menang Tipis atas Vietnam

"Babak semifinal ASEAN Cup U-16 2024 menerapkan teknologi VAR, Vietnam sempat mendapat keuntungan dengan hadiah penalti saat mencetak gol pembuka," tulis TheThao247.vn.

"Namun ada beberapa situasi di mana keputusan wasit ketika menggunakan VAR tidak tepat. Wasit sangat payah dalam mengambil keputusan," imbuh mereka.

Secara khusus, media Vietnam ini menyoroti kejadian di menit-menit akhir perpanjangan waktu babak kedua.

Di mana terjadi pergesekan cukup keras antara Natthakit Phosri dari Thailand dengan winger Vietnam, Tran Cao Cuong.

Menurut TheThao247.vn, Vietnam dirugikan setelah wasit mengambil keputusan tidak tepat dalam menggunakan VAR saat Phosri menendang tulang kering Cao Cuong.

Kondisi tersebut dinilai termasuk dalam pelanggaran yang seharusnya langsung diganjar kartu merah, namun wasit menganggap tidak terjadi pelanggaran.

"Pemain nomor punggung 7 Thailand melakukan pelanggaran keras dengan menendang betis Tran Cao Cuong," tulis TheThao247.vn.

"Tulang kering Tran Cao Cuong ditendang hingga membuat bek kiri Vietnam mengerang kesakitan di atas lapangan pertandingan."

Baca Juga: ASEAN Cup U-16 2024 - Ambisi Pelatih Vietnam Jumpa Indonesia di Final: Main Panas-panasan Kita Layani!

"Ini termasuk situasi yang bisa mengakibatkan kartu merah langsung, wasit pun direkomendasikan untuk melihat tayangan ulang VAR," imbuhnya.

Betapa terkejutnya publik Vietnam saat wasit Du JianXin asal China tak memberikan pelanggaran untuk Vietnam ataupun kartu kepada pemain Thailand.

"Wasit tidak memberikan penalti untuk Vietnam atau hukuman kartu untuk pemain Thailand, hal itu membuat fan terkejut," tulis TheThao247.vn.

"Selain momen itu, masih ada situasi lain yang seharusnya membuat Vietnam diberi hadiah penalti, pemeriksaan lewat VAR dilakukan, tapi wasit memiliki pendapat lain," imbuh mereka.

Timnas U-16 Vietnam masih akan bertanding di perebutan tempat ketiga ASEAN Cup U-16 2024 melawan Timnas U-16 Indonesia.

Kepastian ini didapat setelah tuan rumah kalah di semifinal dari Timnas U-16 Australia dengan skor 3-5.

Duel Timnas U-16 Indonesia melawan Vietnam di perebutan tempat ketiga digelar pada Rabu (3/6/2024).

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek