Suara Hati Mantan Ketum PSSI yang Ungkap Hal Ini Pada Pelatih Timnas Indonesia, Iwan Bule: Shin Tae-yong Jangan Mundur Biar.. - TvOnenews

 

Suara Hati Mantan Ketum PSSI yang Ungkap Hal Ini Pada Pelatih Timnas Indonesia, Iwan Bule: Shin Tae-yong Jangan Mundur Biar..

tvOnenews.com - Kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan segera berakhir pada Juni 2024 setelah sebelumnya diperpanjang pada Desember 2023.

Namun, hingga kini, kontrak baru belum ditandatangani, meninggalkan masa depannya di timnas dalam ketidakpastian, terutama menjelang putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Salah satu pandit sepak bola bahkan meminta Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong bersama Skuad Garuda. 

Sementara itu, kabar mengejutkan datang dari pelatih asal Korea Selatan tersebut yang telah menerima tawaran untuk melatih timnas lain setelah Indonesia berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Prestasi ini merupakan sejarah baru bagi Indonesia, karena untuk pertama kalinya mereka berhasil melenggang hingga fase tersebut sepanjang mengikuti Piala Asia.

Mantan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, sebelumnya pernah meminta Shin Tae-yong untuk tidak mundur dari Timnas Indonesia. 

Hal ini disampaikan sebelum Iwan Bule mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum PSSI. 

"Nanti dia kembali (dari Eropa) akan kita sampaikan. Kan sekarang masih di Turki," ucap Iwan Bule pada Selasa, 1 November 2023.

Sebelumnya, Shin Tae-yong pernah menyatakan dirinya siap mundur dari posisi pelatih Timnas Indonesia jika Iwan Bule mundur dari posisi Ketua Umum PSSI. 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh STY melalui sebuah postingan di akun Instagram pribadinya pada 12 Oktober lalu.

Hal ini disebabkan oleh desakan agar Iwan Bule mundur sebagai Ketua Umum PSSI sebagai bentuk tanggung jawab moral atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan kurang lebih 135 jiwa. 

Shin Tae-yong merasa nyaman bekerja sama dengan Iwan Bule karena PSSI selalu mendukung program Timnas Indonesia yang dirancangnya.

Menanggapi hal tersebut, Iwan Bule sampai meminta agar Shin Tae-yong tidak mundur dari posisinya meskipun dirinya sudah tidak lagi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI. 

Mantan Ketua Umum PSSI, Iwan Bule, pernah mengatakan bahwa Shin Tae-yong mampu mengukir prestasi bersama Skuad Garuda, terutama menjelang Piala Dunia U-20. 

"Tidak usahlah, kan anak-anak kasihan. Mau Piala Dunia U-20, prestasi ditunggu oleh publik. Biarkan saya sajalah. Shin biar tetap bekerja dengan Timnas kita berlatih," ujar Iwan Bule. 

Ia juga berharap agar Shin Tae-yong tidak mundur demi meningkatkan performa dan prestasi Skuad Garuda.

Ketua Umum PSSI saat ini, Erick Thohir, beberapa waktu lalu sempat menyinggung soal nasib Shin Tae-yong. 

Erick menegaskan bahwa masih ada dua event yang menjadi pertaruhan bagi masa depan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. 

Event pertama adalah Piala Asia 2023 yang baru saja dilalui, dan selanjutnya adalah Piala Asia U-23 2024 pada 15 April-3 Mei mendatang.

"Perpanjang (kontrak STY saat ini) sampai Juni, tetapi nanti kami review kinerjanya untuk Asia Cup Senior (Piala Asia 2023) dan tentu Asia Cup U-23 (Piala Asia U-23 2024)," kata Erick Thohir.

Selama gelaran Piala Asia 2023 lalu, Timnas Indonesia tampil cukup baik meski hanya mencatatkan satu kemenangan saat melawan Timnas Vietnam. 

Masa depan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia masih belum pasti, dan kontraknya yang belum ditandatangani hingga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 menambah ketidakpastian tersebut. (udn)

Baca berita terkini dan lebih lengkap, klik google news tvOnenews.com
Ikuti juga sosial media kami;
twitter @tvOnenewsdotcom
facebook Redaksi TvOnenews

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek