Setelah Laga, Pelatih Filipina Salahkan Ernando Ari: Kiper Timnas Indonesia Tidak Menyentuh Bola, Harusnya Penalti - TvOnenews

 

Setelah Laga, Pelatih Filipina Salahkan Ernando Ari: Kiper Timnas Indonesia Tidak Menyentuh Bola, Harusnya Penalti

tvOnenews.com - Pelatih Filipina Tom Saintfiet memprotes kinerja wasit sekaligus menyalahkan kiper Timnas Indonesia Ernando Ari atas cederanya Adrian Ugelvik (86’). 

Pertandingan Timnas Indonesia lawan Filipina di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (12/6/2024) malam, berakhir dengan kemenangan tim tuan rumah 2-0.

Gol pertama dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 melalui tendangan terukur dari luar kotak penalti.

Selebrasi gol Thom Haye

Gol kedua dibukukan oleh Rizky Ridho pada menit ke-56 melalui tandukan kepala yang berawal dari tendangan bebas cantik Nathan Tjoe A On.

Saat pertandingan memasuki menit ke-86, kiper Timnas Indonesia Ernando Ari bertabrakan dengan pemain Filipina Adrian Ugelvik.

Ernando dan Adrian bertabrakan saat keduanya berusaha mengambil bola di udara. Adrian tersungkur jatuh dengan muka yang lebih dahulu menghantam lapangan.

Tim medis Filipina sempat memeriksa sang pemain, namun kondisinya buruk tak sadarkan diri. Mau tak mau Adrian harus dilarikan ke rumah sakit. 

Pelatih Filipina Tom Saintfiet

Setelah pertandingan Pelatih Filipina Tom Saintfiet menilai bahwa kejadian itu seharusnya pelanggaran kiper Timnas Indonesia Ernando Ari dan menjadi penalti untuk timnya.

"Pemain kami bertabrakan dengan kiper Indonesia, lalu itu harusnya penalti karena kiper Indonesia tak menyentuh bola," kata Tom Saintfiet dalam konferensi pers pasca pertandingan, Selasa (11/6/2024). 

Tom Saintfiet menyayangkan keputusan wasit yang tidak menganggap insiden tersebut sebagai pelanggaran.

"Dia (Ernando Ari) bertabrakan dengan pemain kami dengan keras, tetapi saya tidak mau membicarakan wasit soal ini," ujarnya.

Adapun terkait dengan kondisi terkini Adrian Ugelvik, Tom Saintfiet sudah berbicara dengan tim medis Filipina. 

"Saya sudah bicara dengan dokter, ada benturan di kepala dan sekarang dokter tim kami sudah ke rumah sakit," ungkap Tom Saintfiet. 

"Memang belum ada sebab pasti soal kondisi pemain, tetapi dugaan saya memang ada gegar otak ringan," imbuhnya.

Adrian Ugelvik dilarikan ke rumah sakit

Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Kemenangan atas Filipina (2-0) membuat skuad Garuda dipastikan lanjut ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Rizky Ridho dan kawan-kawan finish sebagai runner up Grup F dengan koleksi 10 poin dari 3 kemenangan, 1 imbang, dan 2 kalah.

Irak yang sudah lebih dulu lolos, mengoleksi poin sempurna 18 tanpa kalah maupun seri.

Sementara Vietnam berada di peringkat ketiga dengan 6 poin dari 2 kemenangan dan 4 kekalahan.

Vietnam hanya mampu mencuri poin lawan Filipina. Sementara saat menghadapi Timnas Indonesia dan Irak, baik di kandang maupun tandang The Golden Star menyerah.

(igp/rda/amr)

Follow tvOnenews.com di sini Google News.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek