Pelatih Malaysia Tak Malu Akui Timnas Indonesia Bakal Jadi Raja Asia Tenggara - inews

 

Pelatih Malaysia Tak Malu Akui Timnas Indonesia Bakal Jadi Raja Asia Tenggara

Andika Rachmansyah
Pelatih Malaysia Tak Malu Akui Timnas Indonesia Bakal Jadi Raja Asia Tenggara

Pelatih Malaysia Kim Pan-gon tak malu mengakui Timnas Indonesia bakal jadi raja Asia Tenggara (Foto: Bein Sports)

KUALA LUMPUR, iNews.id – Pelatih Malaysia Kim Pan-gon tak malu mengakui Timnas Indonesia bakal jadi raja Asia Tenggara dalam waktu dekat. Dia melihat perkembangan skuad Garuda begitu pesat.

Ungkapan itu keluar setelah Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tak hanya itu, Pratama Arhan dan kolega juga dipastikan lolos ke Piala Asia 2027.

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sementara, Malaysia terhenti di putaran kedua karena finis di posisi tiga klasemen Grup D.

“Menurut saya, Indonesia akan segera menjadi tim terdepan (di wilayah Asia Tenggara). Mereka telah berupaya keras, namun bagi Malaysia, kami harus terus memberikan tantangan. Kami harus terus menantang,” tutur Kim Pan-gon, dipetik dari Makan Bola, Kamis (13/6/2024).

Kim Pan Gon menyampaikan kesuksesan Timnas Indonesia ini karena hadirnya pemain naturalisasi. Juru taktik asal Korea Selatan ini diminta meniru cara Shin Tae-yong untuk mencari pemain keturunan Malaysia.

Namun, Kim Pan-gon menjelaskan hal itu cukup sulit dilakukan. Menurutnya, lebih baik untuk fokus pembinaan usia dini. Walaupun dia tetap tidak menutup kemungkinan untuk mencari pemain keturunan jika federasi ingin menggunakan cara seperti apa yang sudah dilakukan PSSI.

“Saya rasa kami sudah banyak membicarakan hal ini (masalah pemain keturunan). Namun terkadang, kita perlu melihat situasi di Malaysia. Saya dapat melihat situasi ini sulit, sangat sulit,” ujarnya.

“Semua orang mengatakan untuk mencoba cara seperti pelatih Indonesia (Shin Tae-yong) pergi ke Eropa dan mencari pemain keturunan. Mungkin bisa dilakukan, tapi saya tidak tahu,” lanjutnya.

“Tapi bagi saya, yang penting pertama adalah pengembangan talenta lokal (menghasilkan pemain lokal yang berbakat). Kemudian kalau ada upaya tambahan, kami akan berjuang (untuk mendapatkan pemain keturunan),” tandas Kim Pan-gon.

Awesome
Needs Work
Contact

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek