Hasani Abdulgani Ungkap Sempat Ada Pengurus PSSI Tak Suka Naturalisasi, Jordi Amat Cs Hampir Gagal Perkuat Timnas Indonesia - TvOnenews

 

Hasani Abdulgani Ungkap Sempat Ada Pengurus PSSI Tak Suka Naturalisasi, Jordi Amat Cs Hampir Gagal Perkuat Timnas Indonesia

tvOnenews.com - Mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani menceritakan soal sulitnya proses naturalisasi Jordi AmatShayne Pattynama, dan Sandy Walsh.

Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 17 November 2022. Sementara Shayne Pattynama baru memegang paspor Indonesia pada Januari 2023.

"Di saat saya mengurus soal Jordi Amat, Shayne Pattynama, dan Sandy Walsh, banyak sekali hambatan yang saya hadapi diproses dokumentasi di pemerintahan," ujar Hasani Abdulgani di channel YouTube Hasani Corner.

Sebelum ketiganya resmi menjadi WNI, dia menyatakan PSSI tidak secara serius memprosesnya. Padahal, pemain-pemain tersebut merupakan permintaan langsung pelatih Shin Tae-yong.

Loading video

"PSSI ini seperti tidak pernah belajar, buat apalagi sih pemain-pemain asing ini dinaturalisasi, padahal dia mainnya biasa-biasa saja," katanya soal penolakan dari pengurus PSSI.

Hasani pun menjelaskan bahwa Jordi, Sandy, dan Shayne merupakan pemain-pemain yang bermain di kompetisi papan atas Eropa. Maka dari itu, secara kualitas sudah cukup teruji.

"Akhirnya saya mengatakan, bapak-bapak pemain yang kita rekomendasi hari ini yang diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong kalau menurut data ini pemain terbaik yang dimiliki keturunan Indonesia," katanya.

Saat itu, Jordi Amat bermain untuk KAS Eupen yang berkompetisi di kasta teratas sepak bola Belgia. Kemudian, Sandy Walsh bermain di KV Mechelen yang juga berada di kompetisi teratas Belgia.

Shayne Pattynama dan Sandy Walsh
Shayne Pattynama dan Sandy Walsh. Foto: tvOnenews.com - Julio Tri Saputra.

"Lalu Shayne Pattynama bermain di tier satu di Norwegia Jadi ini pemain-pemain yang berada di tier satu," katanya.

Setelah melewati proses yang sangat panjang, ketiga pemain tersebut pun resmi menjadi WNI dan bisa menjadi andalan skuad Garuda. (fan)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita