Demi Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2024, Shin Tae-yong Turunkan Maarten Paes? ,- Okezone

 

Demi Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2024, Shin Tae-yong Turunkan Maarten Paes?

DEMI Timnas Indonesia juara Piala AFF 2024, Shin Tae-yong menurunkan Maarten Paes? Semenjak Piala AFF digelar pada 1996, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- tak pernah menjadi juara.

Prestasi terbaik Timnas Indonesia ialah menjadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020. Piala AFF 2024 dapat dijadikan momentum Timnas Indonesia meraih gelar perdana di ajang dua tahunan ini.

(Maarten Paes diharapkan bisa segera memperkuat Timnas Indonesia. (Foto: REUTERS)

Sebab, Timnas Indonesia dalam tren positif, mengingat pelan-pelan berhasil menembus persaingan level Asia. Selain itu, Piala AFF 2024 jaraknya juga cuma lima hari dari matchday keenam Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang mempertemukan Timnas Indonesia vs Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Benar, ada potensi pemain yang diturunkan antara skuad di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan Piala AFF 2024 berbeda. Namun, Shin Tae-yong sudah paham betul harus menerapkan strategi apa ketika Timnas Indonesia dihadapkan dengan tipe lawan mana pun, mengingat yang bersangkutan sudah hampir lima tahun membesut skuad Garuda.

Jika mengacu kepada jadwal kompetisi, Shin Tae-yong berpotensi membawa Maarten Paes jika yang bersangkutan sudah tersedia atau diizinkan membela Timnas Indonesia. Sebab, ketika Piala AFF 2024 mulai bergulir pada 24 November 2024, FC Dallas selaku klub Maarten Paes disinyalir tak lagi memiliki pertandingan tahun ini.

Major League Soccer (MLS) 2024. kompetisi yang diikuti klub Maarten Paes, FC Dallas, akan menyelesaikan musim reguler mereka pada 19 Oktober 2024. Jika FC Dallas gagal finis di posisi Sembilan besar wilayah barat, FC Dallas otomatis mengakhiri musim lebih cepat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hingga pekan ke-19 atau menyisakan tujuh pertandingan lagi, FC Dallas menempati posisi Sembilan dengan 20 angka, terpaut lima poin dari Vancouver Whitecaps FC di posisi Sembilan. Dengan Catatan, Vancover Whitecaps FC baru memainkan 18 pertandingan.

(Aksi Maarten Paes bersama FC Dallas. (Foto: REUTERS)

Alhasil, Maarten Paes bisa gabung Timnas Indonesia sejak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang dimulai awal November 2024. Sementara itu, jika FC Dallas finis Sembilan besar dan melaju ke playoff, klub tersebut akan mengakhiri laga di babak playoff paling lambat pada 9 Desember 2024.

Di saat bersamaan, babak semifinal Piala AFF 2024 akan dilangsungkan pada 10-11 dan 13-14 Desember 2024. Karena itu, Maarten Paes berpeluang besar memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2024, entah itu dari fase grup atau semifinal. Fase grup Piala AFF 2024 sendiri dimulai dari 24 November sampai 7 Desember 2024.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek