Bicara Kualitas, Pelatih Filipina Akui Ingin Lihat Timnas Indonesia Tampil di Piala Dunia 2026 - Semua Halaman - Bolasport

 

Bicara Kualitas, Pelatih Filipina Akui Ingin Lihat Timnas Indonesia Tampil di Piala Dunia 2026 - Semua Halaman - Bolasport

BOLASPORT.COM - Pelatih timnas Filipina Tom Saintfiet mengakui ingin bisa melihat timnas Indonesia tampil di Piala Dunia 2026 seusai tim asuhannya dikalahkan skuad Garuda.

Filipina ditaklukan timnas Indonesia dalam laga terakhir putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Tim berjulukan The Azkals tersebut kalah 0-2 dari timnas Indonesia.

Setelah menelan kekalahan ini, pelatih asal Belgia tersebut bicara soal kualitas.

Baca Juga: Sempat Kolaps di Lapangan, Pemain Filipina Kaget Banyak Dukungan dari Suporter Timnas Indonesia

Ia berbicara soal kualitas sepak bola Asia dan melihat bagaimana peluang timnas Indonesia di ajang internasional ke depannya.

Pelatih berusia 51 tahun tersebut mengaku bahwa ia sudah melihat banyak sepak bola di Asia.

Untuk itu, ia lumayan tahu banyak soal kualitas sepak bola di Asia.

Melihat sepak bola di Asia, Tom Saintfiet mengatakan bahwa banyak tim yang memiliki kualitas bagus dan bisa menggebrak di Piala Dunia 2026.

Hal ini karena di Piala Dunia juga sudah ada beberapa tim yang selalu menjadi langganan seperti Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi.

Menurutnya, kualitas mereka bagus dan selalu berhasil membuat kejutan di ajang empat tahunan tersebut.

Bahkan tahun 2022 lalu, Jepang juga berhasil membuat kejutan dengan berhasil mengalahkan tim-tim besar seperti Spanyol dan Jerman.

Untuk itu, di Piala Dunia 2026 mendatang ia percaya akan ada gebrakan dari tim-tim Asia.

Baca Juga: Respons Mengejutkan Saat Ernando Ari Minta Maaf Pada Pemain FIlipina yang Sempat Kolaps

"Saya sudah tahu banyak sepak bola Asia, jadi saya tahu juga tentang sepak bola Asia Tenggara, dan saya sudah berkunjung ke negara-negara seperti Jepang dan Korea Selatan," ujar Tom Saintfiet kepada awak media termasuk BolaSport.com.

"Ada juga kualitas di Iran dan Arab Saudi, ada banyak potensi di sepak bola Asia ini, dan mereka bisa menggebrak di Piala Dunia," ucapnya.

Tak hanya memuji kualitas tim-tim kuat Asia seperti Jepang, Iran, hingga Korea Selatan saja.

Namun, pelatih asal Belgia tersebut juga melihat timnas Indonesia menjadi salah satu tim yang bisa dipertimbangkan.

Menurutnya, skuad Garuda menjadi salah satu tim kuat di Asia Tenggara bersama dengan thailand dan Vietnam.

Mereka sudah berada di level Asia dan timnas Indonesia juga terus berjuang untuk bisa bersaing di Asia belakangan ini.

Dengan itu, lolosnya timnas Indonesia ke putaran ketiga ini membuat Tom Saintfiet berharap tim Merah Putih bisa bersaing dengan baik di Asia nanti.

Pasalnya, pada putaran ketiga ini, timnas Indonesia akan menghadapi lawan-lawan yang jauh lebih kuat dibandingkan tim-tim sebelumnya.

Timnas Indonesia harus bersaing dengan 18 tim terbaik yang dipastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim yang bisa menjadi lawan timnas Indonesia di putaran ketiga yakni ada Iran, Korea Selatan, Yordania, Jepang, Qatar, Australia, Irak, Uzbekistan, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Menghadapi tim-tim yang lebih kuat di putaran ketiga ini, Tom Saintfiet percaya tim asuhan Shin Tae-yong nantinya bakal bisa bersaing.

Baca Juga: Mulai Belajar dan Gunakan Bahasa Indonesia, Shin Tae-yong Berterima Kasih Kepada Suporter

Hal ini karena timnas Indoensia dinilai memiliki kualitas yang semakin bagus.

Bahkan ia menyebut tim Merah Putih menjadi salah satu tim terbaik di Asia Tenggara, untuk itu mereka dipercaya bakal bisa bersaing.

Tom Saintfiet pun mengaku ingin bisa melihat timnas Indonesia bermain di Piala Dunia 2026 nanti.

Namun, untuk bisa tampil di Piala Dunia 2026 ini, setidaknya timnas Indonesia harus bisa menempati posisi keempat besar klasemen grup di putaran ketiga.

Tentu saja itu posisi minimal harus bisa mengunci posisi empat besar apabila ingin tampil di Piala Dunia 20265 nantinya.

Walaupun ini tak mudahm tetapi sang pelatih mengaku ingin bisa melihat timnas Indonesia dan Thailand tampil di Piala Dunia 2026.

Akan tetapi, untuk Thailand dipastikan telah gagal melaju ke putaran ketiga setelah kalah head to head dari China karena selisih gol mereka pun sama di grup C.

Oleh karena itu, timnas Indonesia dipastikan menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Dan untuk Indonesia, di Asia Tenggara jadi tim yang kuat bersama Thailand, dan Vietnam, lalu ada tim-tim macam Arab Saudi, Irak, Qatar, dan sudah lolos juga," kata Tom Saintfiet.

"Ada banyak kualitas, gaya main yang berbeda, dan bagi saya di Asia Tenggara, saya harap bisa melihat Thailand (gagal lolos) dan Indonesia tampil di Piala Dunia 2026," tutur Tom.

Baca Juga: Klarifikasi Anang-Ashanty Walk Out Nyanyi di Laga Timnas Indonesia Vs Filipina, Sudah Bilang Lagu Tak Cocok Panitia Memaksakan

"Karena saya ingat menonton Piala AFF 2012 antara Malaysia dan Thailand, ada hasrat yang besar soal sepak bola yang tak bisa dilihat dari negara-negara Asia yang lain," jelasanya.

Lebih lanjut, Tom Saintfiet mengakui ingin bisa terus menyaksikan perkembangan sepak bola Tanah Air.

Dengan harapan secara perlahan ia pun bisa memperbaiki sepak bola Filipina, agar bisa bersaing dengan tim-tim kuat seperti Indonesia hingga Thailand.

"Saya harap bisa menonton perkembangan sepak bola Asia terus menerus, sekarang fokus saya adalah mengembangkan Filipina, supaya bisa bersaing di Asia dan Asia Tenggara ke depannya, dan saya harap kami bisa lolos Piala Asia 2027," pungkasnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek