7 Gol Bunuh Diri Lahir di Fase Grup Euro 2024, Dekati Rekor Terbanyak - CNN Indonesia

 

7 Gol Bunuh Diri Lahir di Fase Grup Euro 2024, Dekati Rekor Terbanyak

CNN Indonesia
Jumat, 28 Jun 2024 08:44 WIB
Tercipta tujuh gol bunuh diri selama fase grup Euro 2024. Jumlah itu bahkan mendekati rekor gol bunuh diri terbanyak dalam sejarah Euro.
Momen bek Austria Maximilian Wober mencetak gol bunuh diri saat lawan Prancis di Euro 2024. (REUTERS/Bernadett Szabo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 16 tim telah memastikan diri melaju ke babak sistem gugur Euro 2024. Namun, babak penyisihan grup Euro 2024 meninggalkan catatan kurang mengesankan.

Sebab, tercipta tujuh gol bunuh diri selama fase grup Euro 2024. Jumlah itu bahkan mendekati rekor gol bunuh diri terbanyak dalam sejarah Euro.

Rekor gol bunuh diri terbanyak dalam sejarah turnamen sepak bola Eropa paling bergengsi ini tercipta di Euro 2020 dengan jumlah 11 gol.

Pilihan Redaksi

Sehingga tujuh gol bunuh diri di Euro 2024 mencakup 26 persen dari 27 gol bunuh diri yang pernah terjadi sepanjang sejarah penyelenggaraan Euro atau Piala Eropa.

Bahkan, sejak pertandingan pertama sekaligus pembuka Euro 2024, sudah lahir gol bunuh diri dalam laga Jerman versus Skotlandia. Meski menang 5-1 atas Skotlandia, Jerman kebobolan satu gol lewat gol bunuh diri Antonio Rudiger.

Gol bunuh diri kedua terjadi dalam kemenangan 1-0 Prancis atas Austria, di mana bek Maximilian Woeber mencetak gol ke gawangnya sendiri yang dikawal Patrick Pentz.

Selanjutnya, ada gol bunuh diri pemain Albania, Klaus Gjasula, dalam hasil imbang melawan Kroasia di pertandingan Grup B Euro 2024.

Bek Italia, Riccardo Calafiori juga mencetak gol bunuh diri dan membuat Spanyol menang atas Gli Azzurri berkat gol semata wayang tersebut.

Kemudian, dalam partai Portugal kontra Republik Ceko juga terjadi gol bunuh diri. Adalah pemain Ceko Robin Hranac yang menjaringkan bola ke gawang sendiri dan dalam laga itu Portugal menang 2-1.

Portugal kembali diuntungkan dengan gol bunuh diri lawan saat menghadapi Turki. Pemain Turki Samat Akaydin mencetak gol ke gawang sendiri pada menit ke-28, dalam kemenangan 3-0 Portugal pada laga itu.

Gol bunuh diri terakhir di fase grup Euro 2024 tercipta dalam laga Belanda kontra Austria. Pemain Belanda Donyell Malen mencetak gol ke gawang sendiri dan dalam pertandingan itu negaranya kalah 2-3 dari Austria.

Menarik menantikan apakah pada babak sistem gugur Euro 2024 kembali marak lahirnya gol bunuh diri. Sebab, jumlah 7 gol saat ini hanya terpaut empat gol dari rekor terbanyak terjadinya gol bunuh diri di ajang Euro.

(wiw/jal)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek