4 Negara yang Dulunya Jadi Momok Timnas Indonesia Kini Terancam Gagal Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Nomor 1 Vietnam! - Okezone

 

4 Negara yang Dulunya Jadi Momok Timnas Indonesia Kini Terancam Gagal Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Nomor 1 Vietnam!

SEBANYAK 4 negara yang dulunya jadi momok Timnas Indonesia kini terancam gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Negara-negara ini sejatinya ditempatkan di pot 2 atau pot unggulan ketika drawing babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dilakukan medio Juli 2023.

Namun, ketika babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia hanya menyisakan satu pertandingan lagi, nasib mereka justru terombang-ambing. Di saat bersamaan, Timnas Indonesia yang dulu sering menjadi bulan-bulanan empat negara ini justru selangkah lagi lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Lantas, negara mana saja yang dimaksud?

Berikut 4 negara yang jadi momok Timnas Indonesia kini terancam gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

4. Suriah

Suriah pernah menghajar Timnas Indonesia dengan agregat 10-1 di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Asia. Padahal, beberapa sebelumnya, Timnas Indonesia baru saja tampil impresif di Piala Asia 2007 dengan mengalahkan Bahrain 2-1, serta hanya kalah tipis dari tim kuat Arab Saudi (1-2) dan Korea Selatan (0-1).

Sekarang, nasib Suriah tak bisa dibilang aman. Benar, di matchday kelima Suriah duduk di posisi dua dengan tujuh angka, unggul satu poin dari Korea Utara di posisi tiga. Namun, di matchday pamungkas, Suriah harus tandang ke markas Jepang dan Korea Utara bersua Myanmar. Di pertemuan Pertama saja saat mentas di kandang sendiri, Suriah kalah 0-5 dari Jepang.

3. China

Di awal era 2000-an, China sering membantai Timnas Indonesia dengan selisih empat sampai lima gol. Momen itu terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2002 zona Asia (5-1) dan Piala Asia 2004 (5-0).

Di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, China memang masih menempati posisi dua dengan koleksi delapan angka (selisih gol +1), unggul tiga poin dari Thailand di tempat ketiga (selisih gol -2). Namun, patut diingat, China harus tandang ke Korea Selatan di matchday pamungkas, sedangkan Thailand hanya menjamu Singapura.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. India

Di era 1970-an, Indonesia pernah tiga kali beruntun kalah dari India. Sementara di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, India untuk Sementara duduk di posisi dua dengan koleksi lima angka, sama persis dengan Afghanistan di tempat ketiga serta Cuma unggul satu poin dari Kuwait di posisi juru kunci.

Namun, India dalam masalah karena di matchday pamungkas, mereka bakal tandang ke Kandang juara Piala Asia 2019 dan 2023, Qatar. Sementara itu, Kuwait akan menjamu Afghanistan.

1. Vietnam

Pernah dalam periode 2017-2023, Vietnam tak pernah kalah dari Timnas Indonesia. Namun, sejak awal 2024, Vietnam tiga kali beruntun kalah dari Timnas, Indonesia tepatnya di ajang Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, nasib Vietnam berada di ujung tanduk, mengingat baru mengemas enam angka dari lima pertandingan. Kemenangan atas Irak di matchday pamungkas pun belum menggaransi mereka lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Vietnam mesti berharap di laga lain, Timnas Indonesia tumbang dari Filipina. Tentunya, Timnas Indonesia takkan begitu saja mau dikalahkan Filipina. Skuad Garuda wajib menang atas Filipina demi lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Sekaligus menyingkirkan Vietnam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek