Penjelasan Aturan Baru BWF yang Buat Lawan Gregoria Mendadak Berubah - CNN Indonesia

 

Penjelasan Aturan Baru BWF yang Buat Lawan Gregoria Mendadak Berubah

SINGAPORE OPEN

Selasa, 28 Mei 2024 09:50 WIB

Gregoria Mariska Tunjung mengalami perubahan lawan di babak pertama Singapore Open 2024. (Arsip PBSI)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Gregoria Mariska mengalami perubahan lawan di babak pertama Singapore Open 2024. Berikut aturan baru BWF yang membuat lawan Gregoria berubah.

Gregoria yang merupakan pemain non unggulan awalnya dijadwalkan bertemu Wen Chi Hsu dari Taiwan. Wen Chi Hsu juga dipastikan bermain di turnamen ini. Namun lawan Gregoria berubah jadi Zhang Beiwen setelah Tai Tzu Ying mundur.

Hal ini merupakan efek domino dan dampak dari peraturan baru BWF. Karena Tai Tzu Ying mundur, Wang Zhi Yi naik mengisi posisi yang ditinggalkan Tai Tzu Ying dalam slot drawing Singapore Open. Gregoria lalu masuk mengisi posisi Wang Zhi Yi di blok atas dan jadi masuk dalam slot pemain unggulan.

Dalam aturan baru BWF, mereka memang membuat perubahan perihal tata cara pelaksanaan BWF Tour ketika ada pemain unggulan yang mundur. Dalam aturan lama, misal pemain unggulan pertama mundur, otomatis slot tersebut akan diisi pemain yang ada dalam daftar tunggu (waiting list) atau pemain dari babak kualifikasi (bila turnamen memiliki babak kualifikasi).

Pada aturan terkini, regulasi tersebut berubah. Slot pemain unggulan akan diisi pemain unggulan di bawahnya, berturut-turut di blok yang sama.

"Bila unggulan dua mundur, maka posisi mereka aka diambil oleh unggulan ketiga atau keempat, tergantung yang ada di blok bawah."

"Dan bila unggulan pertama dan ketiga keduanya mudur, maka posisi unggulan pertama bakal diambil unggulan keempat dan posisi unggulan ketiga dan keempat [sebelumnya] akan diambil oleh unggulan 5-8, tergantung mereka yang ada di bagian seperempat blok yang sama."

"Pergerakan dari pemain non unggulan menuju slot kosong yang seharusnya ditempati unggulan berdasarkan urutan dalam daftar unggulan komplet pada drawing," demikian poin-poin peraturan BWF dalam aturan baru mereka.

Gregoria awalnya tidak masuk seeded di Singapore Open. Namun dia adalah pemilik ranking tertinggi di antara pemain non unggulan. Alhasil, Gregoria yang menempati slot tersebut.

Dari segi ranking, Zhang Beiwen (10) lebih berat dibanding Wen Chi Hsu (28). Namun dalam drawing Singapore Open, posisi Gregoria lebih baik dalam drawing terbaru. Pasalnya, Gregoria kini tak akan berjumpa pemain unggulan setidaknya hingga babak perempat final.

Sedangkan bila tetap di slot drawing yang lama, Gregoria punya potensi bertemu unggulan pertama An Se Young di babak kedua. Peraturan BWF terbaru ini dirasa lebih adil bagi para pemain terutama ketika ada pemain-pemain unggulan yang mengundurkan diri dari turnamen.

EDUSPORTS: Sejarah AVC Challenge Cup
(ptr)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek