Mirip Timnas Indonesia, Skuad Italia Juga Berpotensi Diperkuat Pemain Keturunan di Euro 2024 - Tvonenews

 

Mirip Timnas Indonesia, Skuad Italia Juga Berpotensi Diperkuat Pemain Keturunan di Euro 2024

tvOnenews.com - Memiliki banyak talenta keturunan membuat Italia berpotensi tiru Timnas Indonesia yang diperkuat para bintang diaspora pada ajang Euro 2024 nanti.

Berstatus sebagai juara bertahan, Italia sampai saat ini belum mengumumkan skuad resmi mereka untuk terbang ke Jerman bulan Juni nanti.

Melihat dari peta persaingan di Grup B, pelatih Luciano Spalletti memang harus cermat mencari materi pemain terbaik jika ingin pertahankan gelar.

Di grup tersebut, Italia bakal saling bersaing melawan kuda hitam seperti Kroasia, Albania serta mantan juara Euro edisi 2012, Spanyol.

Sejak ditangani Luciano Spalletti pada September 2023 lalu, performa Italia terlihat cukup apik dengan torehkan lima kemenangan dari 8 pertandingan.

Dari pertandingan tersebut, Italia kerap diperkuat para pemain keturunan yang kemungkinan bakal kembali dipanggil buat Euro 2024.

Tercatat, ada tiga pemain diaspora yang kemungkinan besar jadi penggawa Gli Azzurri saat mentas di Jerman.

Mereka adalah JorginhoMateo Retegui serta Destiny Udogie yang sama-sama tampil impresif musim ini.

Mulai dari Jorginho, gelandang kelahiran Imbituba, Brasil tersebut merupakan salah satu roh permainan Arsenal di Liga Inggris.

Tercatat, gelandang berusia 32 tahun itu sudah tampil sebanyak 36 pertandingan di semua ajang dengan torehan satu gol sert dua assists.

Meski Italia punya banyak gelandang top, namun taktik Luciano Spalletti yang menggunakan skema 4-3-3, membuat peluang Jorginho tampil di Euro 2024 sangat besar.

Kemudian Mateo Retegui, striker asal San Fernando, Argentina tersebut bisa dibilang sebagai pecahan puzzle buat Timnas Italia yang telah lama hilang.

Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir, Italia kerap kesulitan mencari striker lokal tajam dan terus bergantung dengan Ciro Immobile yang sudah uzur.

Tiru Timnas Indonesia, skuad Italia Berpotensi Diperkuat Pemain Keturunan Seperti Mateo Retegui

Kehadiran Mateo Retegui pun langsung berikan bukti nyata buat produktivitas gol Italia, di mana dari 6 kali capsnya bersama Gli Azzurri, dirinya sukses mencetak 4 gol.

Terakhir adalah Destiny Udogie, bek berdarah Nigeria yang sepertinya juga bakal dipanggil Luciano Spalletti.

Walau dikenal sebagai negara penghasil tembok kokoh di sepak bola, namun Italia terutama dalam taktik Spalletti, tetap membutuhkan wingback cepat yang punya kemampuan penetrasi mumpuni.

Hal tersebut ada dalam diri Destiny Udogie, dimana sepanjang musim 23/24 ini ia mampu tampil sebanyak 30 pertandingan dengan torehan 2 gol serta 3 assists buat Tottenham.

Andai ketiga pemain keturunan di atas resmi dibawa Italia buat Euro 2024, maka kondisi tersebut mirip dengan Timnas Indonesia yang juga memanggil sejumlah pemain keturunan buat ajang Piala Asia 2023 kemarin.

Tercatat, ada 7 pemain diaspora dari kompetisi Eropa yang memperkuat skuad Garuda pada ajang Piala Asia 2023 dan berhasil membantu Timnas Indonesia cetak sejarah dengan lolos kali pertama ke babak 16 besar. (sub)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek