AVC Challenge Cup 2024 - Tanpa Farhan Halim dkk, PBVSI Targetkan Skuad Muda Voli Putra Indonesia Tembus 6 Besar - Semua Halaman - Bolasport

 AVC Challenge Cup 2024 - Tanpa Farhan Halim dkk, PBVSI Targetkan Skuad Muda Voli Putra Indonesia Tembus 6 Besar - Semua Halaman - Bolasport.com



BOLASPORT.COM - Sebanyak 14 pebola voli putra Indonesia akan mengikuti AVC Challenge Cup 2024 yang berlangsung di Bahrain pada 2-9 Juni.

Tidak seperti tahun lalu, skuad Indonesia kali ini mayoritas diisi oleh pemain muda. Pemain seperti Farhan Halim, Hernanda Zulfi, Rivan Nurmulki tidak berpartisipasi karena berbarengan dengan pelaksanaan Proliga 2024.

"Kami menargetkan minimal mempertahankan raihan tahun lalu yakni mencapai enam besar," kata Ketua Umum PP PBVSI, Imam Sudjarwo dalam keterangan pers yang dihadiri BolaSport.com di Padepokan Voli, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/5/2024).

"Tetapi, kalau ditahap penyisihan bisa mengalahkan satu saja antara Korea Selatan atau Qatar, enam besar bisa didapat," ujar Imam.

Skuad Merah Putih yang mayoritas diperkuat pemain berusia di bawah 20 tahun tersebut dihuni oleh sembilan pemain dari tim Jakarta Garuda Jaya yang dipersiapkan untuk AVC Asian Mens U-20 2024.

Selain itu terdapat lima pemain yang diambil dari sejumlah klub Proliga 2024, di antaranya Jakarta LavAni, Palembang Bank Sumsel Babel, dan Surabaya Samator.

Pemanggilan pemain muda tersebut dikhususkan untuk proses regenerasi tim dan pemberian jam terbang sebelum para pemain tersebut tampil di AVC Asian Mens U-20 2024 yang akan digelar di Surabaya.

"Sebagian besar ada sembilan orang yaitu tim Garuda Jaya yang sebagian main di Proliga 2024."

"Kami memberangkatkan kesana ditambah ada lima pemain dari klub lain yang masih junior dan total 14 pemain dalam satu tim dan akan berlaga pada 2 Juni sampai 9 Juni di Bahrain," ujar Imam.

Baca Juga: Rekap AVC Challenge Cup 2024 - Vietnam Juara Lagi, Kesuksesan Indonesia Curi 1 Set Jadi Catatan Langka

"Insha Allah dengan berlatih di Proliga meski tidak menang ada progress positif. Hadapi lawan jangan takut yang penting adalah integritas. Dengan seluruh kemampuan yang dikerahkan."

"Kalau kalah tidak usah dipikirkan, tetapi bagaimana caranya bangkit."

Imam mengatakan bahwa pihaknya menghadapi problem dilematis untuk memberangkatkan tim saat sebagian pemain utama berkompetisi pada Proliga.

"FIVB (Federasi Bola Voli Internasional) baru menginfokan agenda AVC Challenge Cup setelah kami sudah membuat jadwal Proliga," aku Imam.

"Kalau tidak ikut akan kehilangan 50 poin. Semoga dipahami masyarakat dengan segala upaya. Ini merupakan keputusan yang paling baik."

"Jadi, kami cari solusi. Selain itu, regenerasi agar tidak tergantung dengan senior karena pada 2025 ada banyak event. Ada program Piala dunia u-21. Proses pembinaan yang panjang tidak bisa instan."

Hal tersebut diiyakan manajer tim voli putra Indonesia, Loudry Maspaitella.

"Profil dari tim ini anggota pelatnas u-20 yang dipersiapkan kejuaraan Asia U-20 di Surabaya. Dengan padatnya jadwal Proliga kami tidak memilih tim. Konsekuensinya akan menurun signifikan," tutur Loudry.

"Pada 2023 ranking Indonesia adalah ke-52 dari sebelumnya ratusan. Jika masih ikut tidak ada pengurangan poin walaupun poin tidak bertambah."

"Ini konsekuensi tidak menurunkan pemain senior. Ini keputusan sulit, tetapi kami dibantu PBVSI."

Indonesia berada di Grup C bersama Korea Selatan dan Qatar.

"Ini kesempatan meningkatkan kualitas dan pengalaman. Semakin kesini, mereka semakin menikmati pertandingan yang menjadi modal untun Kejuaraan Asia U-20," ucap Loudry.

Timnas bola voli putra Indonesia berangkat pada Kamis (30/5/2024) malam dan lanjut transit selama 9 jam di Doha lalu melanjutkan perjalanan ke Bahrain pada Jumat (31/5/2024).

Baca Juga: AVC Challenge Cup 2024 - Bahan Evaluasi Besar-besaran Usai Srikandi Muda Tutup Perjuangan dengan Kemenangan

SUSUNAN TIM INDONESIA PADA AVC CHALLENGE CUP 2024.

Pemain:
1. Mohammad Fahril Setiawan (setter/Jakarta Garuda Jaya)
2. I Ketut Yudi Aditiya Riski (outside hitter/Jakarta Garuda Jaya)
3. M Ega Yuri Pradana (middle blocker/Samator)
4. Darda Mulya Muhammad (middle blocker/Jakarta Garuda Jaya)
8. Rangga Dwi Hatmojo (outside hitter/Jakarta Garuda Jaya)
11. Putrada Tri Nugroho (middle blocker/Jakarta LavAni Allo Bank Electric)
14. Raihan Rizky Attorif (libero/Jakarta Garuda Jaya)
16. Krisna (outside hitter/Jakarta Garuda Jaya)
17. Rama Fazza Fauzan (opposite/Samator)
18. Agustino (middle blocker/Jakarta Garuda Jaya)
19. Muhammad Reyhan (libero/Jakarta Garuda Jaya)
21. Yohanes Dedi Prasasti (outside hitter/Jakarta STIN BIN)
25. Fauzan Nibras (opposite/Jakarta Garuda Jaya)
33. Muhammad Gani Loveano Helmi (setter/Palembang Bank SumselBabel)

Ofisial
Loudryans Arison (manajer tim)
Joni Sugiyatno (pelatih)
Anwar Sadat (asisten pelatih)
Miko Fajar Bramantyo (asisten pelatih)
Taufik Adiguna (trainer/therapist)
Indra Muflih (wasit)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek