AFC Sebut Justin Hubner Absen di Indonesia vs Irak U-23 - CNN Indonesia

 

AFC Sebut Justin Hubner Absen di Indonesia vs Irak U-23

Kamis, 02 Mei 2024 10:46 WIB

AFC sebut Justin Hubner bakal absen lawan Irak di Piala Asia U-23 2024. (Dok. AFC)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyebut bek tengah Timnas Indonesia U-23 Justin Hubner bakal absen lawan Irak dalam perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (2/5).

Menurut badan sepak bola Asia dalam rilis resmi, Justin Hubner akan absen bersama Indonesia saat menghadapi Irak karena kartu kuning.

Justin Hubner mendapat kartu kuning saat Indonesia kalah 0-2 dari Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Hubner dapat kartu kuning pada menit ke-90+12.

Dalam situs resminya AFC menulis pelatih Shin Tae Yong tidak bisa membawa Hubner dan Ridho pada laga krusial lawan Irak.

"Mantan pemain internasional Republik Korea [Shin Tae Yong], yang telah membuat sejarah dengan memimpin tim debutan hingga saat ini, juga harus menghadapi tidak tersedianya bek tengah Rizky Ridho - kapten - dan Justin Hubner, yang merupakan komponen kunci dari tiga pemain bertahan mereka," tulis AFC.

Pernyataan AFC itu terlihat bertentangan dengan peraturan permainan di Piala Asia U-23 2024. Dalam peraturan turnamen, pemain yang dapat satu kartu kuning di babak grup dan tidak dapat kartu di perempat final, semestinya kartu kuning tersebut diputihkan memasuki semifinal.

Justin Hubner sendiri bermain baik dan tidak mendapat kartu kuning saat melawan Korea Selatan di Perempat Final. Selama Piala Asia U-23 2024, Hubner mendapat dua kartu kuning: melawan Yordania di babak grup dan Uzbekistan di semifinal.

"54.1.4. Setiap pemain yang berpartisipasi atau ofisial yang berpartisipasi yang menyelesaikan babak grup dan perempat final dengan hanya menerima satu (1) peringatan [kartu kuning] tidak akan membawa hukuman tersebut ke semi final," tulis peraturan Piala Asia U-23 2024.

Apabila Rizky Ridho dan Justin Hubner benar-benar absen lawan Irak, lini pertahanan Indonesia bisa dalam bahaya. Pasalnya Garuda Muda praktis hanya menyisakan Muhammad Ferarri dan Komang Teguh sebagai bek tengah murni.

Terkait laporan AFC soal absennya Justin Hubner melawan Irak, CNNIndonesia.com menghubungi manajer Timnas Indonesia U-23, Endri Erawan, akan tetapi sampai berita ini diturunkan yang bersangkutan belum memberi respons.

EDUSPORTS: Siapa Thomas dan Uber yang Jadi Inspirasi Nama Turnamen?
(sry/har)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek