Timnas Indonesia Dikalahkan Uzbekistan, Wasit VAR asal Thailand Jadi Sorotan - inews

 

Timnas Indonesia Dikalahkan Uzbekistan, Wasit VAR asal Thailand Jadi Sorotan - Bagian All

DOHA, iNews.id - Timnas Indonesia dikalahkan Uzbekistan 0-2 pada semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam WIB. Wasit Video Asisstant Referee (VAR) asal Thailand Sivakorn Pu-udom jadi sorotan.

Ada tiga kejanggalan yang terjadi di laga tersebut. Pertama di menit ke-28 saat insiden Witan Sulaeman ditekel pemain Uzbekistan Abduvohid Ne'matov di dekat kotak penalti.

Wasit China Shen Yinhao awalnya menilai itu pelanggaran dan meniup peluitnya. Namun dia ragu apakah Witan dijatuhkan di kotak penalti atau tidak.

Shen kemudian melihat VAR untuk memastikannya. Tapi mengejutkannya wasit asal China itu justru membatalkan pelanggaran.

Lalu yang kedua saat Muhammad Ferarri mencetak gol untuk Indonesia. VAR lagi dan lagi menganulirnya lantaran menganggap Ramadhan Sananta berada dalam posisi offside.

Terakhir saat kartu merah Rizky Ridho menit ke-84. Dalam tayangan ulang sangat jelas sang kapten Indonesia membuang bola dan kakinya tak sengaja mengenai kemaluan pemain Uzbekistan Jasurbek Jaloliddinov.

Wasit Shen kembali mengecek VAR dan sejurus kemudian mengeluarkan kartu merah dari sakunya. Rizky Ridho dipaksa meninggalkan lapangan lebih awal.

Tiga insiden janggal ini membuat Sivakorn Pu-udom menjadi sorotan. Bagaimana tidak, ini bukan pertama kalinya dia membuat keputusan merugikan buat Garuda Muda.

Sebelumnya Sivakorn Pu-udom juga bertugas di laga Indonesia vs Qatar pada matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 membantu wasit Nasrullo Kabirov asal Tajikistan. Garuda Muda dikerjai dengan dua kartu merah Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta hingga akhirnya tumbang 0-2.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek