Rivan Nurmulki Resmi Gabung STIN BIN di Proliga 2024 - CNN Indonesia

 

Rivan Nurmulki Resmi Gabung STIN BIN di Proliga 2024

CNN Indonesia

Senin, 01 Apr 2024 22:44 WIB

Rivan Nurmulki gabung STIN BIN di Proliga 2024. (Dok. AVC)

Jakarta, CNN Indonesia --

Atlet voli putra Indonesia Rivan Nurmulki resmi bergabung dengan Jakarta STIN BIN di Proliga 2024. Kepastian itu disampaikan STIN BIN dalam unggahan di Instagram pada Senin (1/4).

"Memperkenalkan pemain opposite dari Jakarta STIN BIN untuk Proliga 2024: Rivan Nurmulki, Dimas Saputra Pratama, M. Fikri Mustopa Kamal, dan Yohanes Dedi Prasasti," tulis BIN Volleyball Club di Instagram.

Komposisi opposite hitter STIN BIN itu jadi sorotan. Pasalnya, nama-nama seperti Rivan, Dimas, Fikri, hingga Yohanes Dedi merupakan pemain top di posisinya.

Pilihan Redaksi

Rivan dan Dimas merupakan opposite senior andalan Timnas Voli Indonesia. Sedangkan Fikri Yohanes Dedi adalah opposite muda potensial Indonesia.

Sebelum pengumuman pemain opposite, STIN BIN lebih dulu mengumumkan Farhan Halim, Doni Haryono, dan Luvi Febrian sebagai pemain outside hitter. STIN BIN jadi tim bertabur bintang di Proliga 2024.

Selain itu, unggahan tersebut juga menegaskan Rivan Nurmulki tetap diizinkan berpentas di liga voli profesional Indonesia usai ramai sanksi oleh PBVSI. Sebab, PBVSI hanya melarang Rivan bermain untuk Timnas Indonesia di turnamen resmi.

Ia juga dilarang bermain di liga internasional. Sehingga mau tak mau, atlet 28 tahun itu tetap berkarier di liga level nasional.

Sanksi tersebut ditetapkan karena Rivan dianggap melanggar Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PBVSI. Ia dianggap bersalah karena tidak membela Timnas Voli Putra Indonesia di beberapa ajang internasional seperti Asian Games, Asian Men's Volleyball Championship, dan AVC Championship pada tahun lalu.

Alih-alih bermain untuk tim nasional, Rivan berlaga di turnamen non profesional bertajuk Kapolri Cup 2023. Karena kehadirannya di turnamen itu, namanya menuai polemik.

Pihak PBVSI dan Rivan sempat bertemu untuk melakukan mediasi di kantor Kemenpora pada September 2023 lalu. Hasil pertemuan itu mempertimbangkan hukuman untuk Rivan.

Kemudian pada November 2023, PBVSI menjatuhakn hukuman untuk atlet asal Jambi tersebut. Rivan kemudian menerima sanksi dari PBVSI untuk tidak bermain di tim nasional dan liga internasional.

(ikw/sry)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita