Indonesia Vs Uzbekistan: Keyakinan Pasukan STY Akan Tetap Menyerang - Kompas

 

Indonesia Vs Uzbekistan: Keyakinan Pasukan STY Akan Tetap Menyerang

Kompas.com - 28/04/2024, 05:23 WIB
Bek Komang Teguh dan para pemain Timnas U23 Indonesia merayakan gol pada laga melawan Australia di laga kedua Grup A Piala Asia U23 2024 pada Kamis (18/4/2024). Pertandingan Indonesia vs Australia bergulir di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar.
Lihat Foto
Bek Komang Teguh dan para pemain Timnas U23 Indonesia merayakan gol pada laga melawan Australia di laga kedua Grup A Piala Asia U23 2024 pada Kamis (18/4/2024). Pertandingan Indonesia vs Australia bergulir di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar.(DOK PSSI)
Jadwal Indonesia vs Uzbekistan pada Semifinal Piala Asia U23 2024

KOMPAS.com - Eks pelatih Persebaya, Aji Santoso, menilai timnas Indonesia harus berani menyerang saat melawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U23 2024.

Pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024 antara Indonesia vs Uzbekistan akan bergulir di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Indonesia sedang berada di tren positif. Usai menelan kekalahan dari Qatar di pertandingan pertama Grup A, Garuda Muda bangkit dan menuai kemenangan atas Australia (1-0) dan Yordania (4-1).

Memasuki fase gugur, persisnya perempat final, timnas U23 Indonesia menunjukkan mentalitas kuat saat menyingkirkan Korea Selatan via kemenangan adu penalti 11-10, Kamis (25/4/2024).

"Melawan Uzbekistan tidak ada masalah karena pemain-pemain kita sedang dalam kondisi yang bagus," kata Aji Santoso dalam acara Kompas Malam di Kompas TV, pada Sabtu (27/4/2024).

"Baik mentalitytactical game, bagaimana mereka bertahan, menyerang, transisi. Mereka bermain dengan sangat bagus," kata eks pelatih Persebaya Surabaya itu.

"Memang ada perbedaan antara Uzbekistan dengan Arab Saudi, di mana Uzbekistan gaya-gaya bermainnya seperti Eropa. Dia lebih mengedepakan possession play dan organisasi yang rapi," kata Aji menambahkan.

Keberhasilan Indonesia bangkit setelah menelan kekalahan pada laga pertama Grup A, tidak lepas dari strategi jitu yang diterapkan Shin Tae-yong sebagai pelatih.

STY menunjukkan timnas U23 Indonesia bisa beradaptasi dengan bermacam tipe lawan.

"Apa yang diperlihatkan Shin Tae-yong dalam empat pertandingan ini, menunjukkan kita bisa memainkan strategi yang berbeda," ucap pengamat sepak bola, Weshley Hutagalung, dalam program Kompas Malam di Kompas TV.

"Menghadapi Korea, mental kita luar biasa, menjadi kunci bermain ekfetif dan efisien sehingga fisik terjaga," ucapnya menambahkan.

Uzbekistan menyuguhkan tantangan yang tidak akan mudah untuk Indonesia, mengingat mereka merupakan tim tersubur di ajang Piala Asia U23 2024.

Sebanyak 12 gol telah diciptakan pasukan arahan Timur Kapadze di Piala Asia U23 2024. Mereka juga belum pernah kebobolan.

Aji Santoso mengatakan timnas U23 Indonesia tak perlu merasa terintimidasi oleh produktivitas Uzbekistan.

"Kita harus berani menyerang karena kalau kita bertahan justru akan menjadi bumerang. Semakin kita bertahan, akan semakin cepat bola datang ke pertahanan kita. Saya sangat yakin Shin Tae-yong masih tetap memainkan sepak bola menyerang," ucap Aji.

Weshley Hutagalung pun mengutarakan hal serupa. Menurutnya, timnas U23 Indonesia tetap harus bermain proaktif saat menghadapi Uzbekistan.

"Kalau garis pertahanan kita terlalu mundur, kita akan habis dihajar oleh Uzbekistan yang sangat baik memainkan serangan dari tengah," kata mantan Pemimpin Redaksi Tabloid Bola tersebut.

Seiring keberhasilan menapak ke semifinal Piala Asia U23 2024, Indonesia kini telah melampaui target awal.

Seperti diketahui, sebelum Piala Asia U23 2024 dimulai, PSSI mematok target lolos perempat final untuk timnas U23 Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Kini, timnas U23 Indonesia berkesempatan membuat prestasi yang lebih besar, yakni dengan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Adapun Piala Asia U23 2024 menyediakan tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024 untuk dua tim finalis serta pemenang laga perebutan tempat ketiga.

Sementara itu, tim yang kalah pada partai perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024 akan menjalani playoff melawan wakil Afrika, Guinea, untuk mempertaruhkan tiket terakhir ke Olimpiade 2024.

"Maka targetnya jangan perempatfinal lagi, targetnya sudah tiket Olimpiade, maka habis-habisan lagi. Jangan selesai di perempatfinal, jangan pernah puas, itu yang dibutuhkan para pemain," ucap Weshley. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek