Masyarakat Malaysia Minta FAM Naturalisasi Saddil Ramdani yang Dicoret Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023, Begini Aturannya! - Okezone

Masyarakat Malaysia Minta FAM Naturalisasi Saddil Ramdani yang Dicoret Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023, Begini Aturannya!

By Okezone
bola.okezone.com
July 13, 2014

SALAH satu masyarakat Malaysia dengan akun X @Avionalytics mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Ia meminta Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) untuk menaturalisasi Saddil Ramdani yang dicoret Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023.

Lantas, memangnya bisa Saddil Ramdani dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Malaysia? Sebelum membahas itu, kita bahas terlebih dulu kronologi pencoretan Saddil Ramdani.

Rabu 10 Januari 2024 malam WIB, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji mengonfirmasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah mencoret Saddil Ramdani dan Arkhan Fikri dari skuad.

Pencoretan murni karena alasan teknis dan strategi. Dicoretnya Saddil Ramdani mengagetkan publik pencinta sepakbola Indonesia dan Malaysia.

Sebab, Saddil Ramdani menjalani musim yang gemilang bersama sang klub, Sabah FC, di Liga Super Malaysia 2023. Dari 18 pertandingan, Saddil Ramdani mengemas tujuh gol dan sembilan assist.

BACA JUGA:

“Pemain sayap Saddil Ramdani tidak dipilih ke dalam skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023, sehari sebelum kejuaraan dimulai,” tulis media Malaysia Semuanya Bola.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pemberitaan itu pun dikomentari akun X @Avionalytics yang diketahui tinggal di Kota Sarawak, Malaysia. “Saddil Ramdani bisa kita naturalisasi. Menyanyi lagu kebangsaan Malaysia pun dia pandai,” tulis akun @Avionalytics.

Namun, menurut aturan FIFA, jika pun Saddil Ramdani dinaturalisasi, winger 24 tahun itu pun takkan bisa memperkuat Timnas Malaysia. Menurut aturan, pemain yang telah lebih dari tiga kali membela sebuah tim nasional di ajang resmi (Kualifikasi Piala Asia, Kualifikasi Piala Dunia, Piala Asia, Piala Dunia dll), tak diizinkan berganti tim nasional.

Saddil Ramdani sudah mencatatkan banyak penampilan bersama Timnas Indonesia. Jika dihitung, eks winger Persela Lamongan ini telah mencatatkan dua gol dari 26 penampialn bersama Timnas Indonesia.

BACA JUGA:

Sekarang harapannya, Saddil Ramdani tidak terpuruk dengan pencoretan ini dan justru bangkit saat Timnas Indonesia tampil melawan Vietnam di matchday ketiga dan keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret 2024.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek