'Grazie, Mister', Masih Ada Ucapan Terima Kasih untuk Jose Mourinho dari Fans AS Roma - KRJogja

 

'Grazie, Mister', Masih Ada Ucapan Terima Kasih untuk Jose Mourinho dari Fans AS Roma

Jumat, 19 Januari 2024 | 12:05 WIB
Jose Mourinho ketika Melatih AS Roma (instagram @officialasroma)
Jose Mourinho ketika Melatih AS Roma (instagram @officialasroma)

Krjogja.com - Mata Jose Mourinho tampak sembab ketika tertangkap kamera sedang diberi ucapan selamat jalan oleh sekelompok fans AS Roma yang menantinya.

Adegan dalam video pendek berdurasi 29 detik yang diunggah Selasa (16/1/2024) itu tampaknya akan abadi menjadi jejak digital di akun X (dulu Twitter) Sky Sports Football.

Mourinho tampak sedang duduk di posisi kanan depan, sebelah supir, dalam sebuah mobil. Sementara kamera mengambil wajahnya dari arah samping kanan.

Mobil itu berada dalam keadaan berhenti saat berlangsung bercakapan dengan kerumunan fansnya. Wajah Jose Mourinho tampak diliputi duka yang mendalam.

Di samping meneriakkan kata-kata 'Grazie, mister' atau 'terima kasih', beberapa orang fans AS Roma menggunakan kesempatan sempit itu untuk berswa foto dengan Mourinho.

Kejadian yang terekam itu, berlangsung hanya beberapa jam setelah manajer asal Portugal itu dipecat oleh manajemen AS Roma usai kegagalannya mengangkat kinerja pasukannya.

Pertandingan terakhir yang dilakoni pelatih berusia 60 tahun itu adalah kekalahan 1-3 dari AC Milan. Laga itu mengisi pekan ke-20 Liga Italia Serie A, Minggu (14/1/2024).

Hanya berhasil memenangkan satu dari keseluruhan enam pertandingan terakhir mereka, mendudukkan AS Roma di peringkat kesembilan dalam klasemen liga Serie A.

Mantan manajer Chelsea, Real Madrid, dan MU itu memenangkan hati para penggemar Roma di musim pertamanya dengan memenangkan Liga Konferensi Europa.

Selain itu, Mourinho juga mencatat keberhasilan membawa timnya ke final Liga Europa musim lalu, sebelum mereka menyerah dari Sevilla melalui adu penalti.

Secara total, Mourinho membukukan rekap kinerjanya dengan rekor 60 kemenangan, 30 kali seri, dan 40 kekalahan dari 138 pertandingan yang ia lakoni sebagai pelatih.

Mourinho bersama pasukan I Giallorossi meraih rata-rata 1,7 poin per pertandingan selama masa tugasnya di sana, tapi turun menjadi 1,45 pada musim ini.

Menurut laporan Calcio&Finanza yang dikutip Dailymail, setiap poin yang diperoleh Roma merugikan klub sebesar €3,5 juta (£3 juta) bila memperhitungkan gaji para pemain dan pelatih.

Total 29 poin AS Roma dari 20 pertandingan mereka musim ini adalah perolehan terburuk mereka sejak 2002-03 ketika berada di bawah asuhan Fabio Capello.

Namun seusai menjalani hari berduka, Mourinho kiranya masih bisa bersyukur, sebab diperkirakan ia akan menerima sekitar £3 juta kompensasi.

Angka ini tidak terlalu besar mengingat kontrak Mou akan habis pada akhir musim ini. Sebelumnya dari Chelsea ia menerima lebih dari £26 juta secara akumulasi sebagai kompensasi.

Dari Real Madrid Mourinho menerima bayaran £17 juta dan hampir £20 juta dari Manchester United ketika dia dipecat hanya beberapa bulan setelah dia menandatangani kontrak baru.

Terakhir, tugas kepelatihannya selama 17 bulan di Tottenham Hotspur, juga berakhir dengan pemecatan. Ketika itu Mou memperoleh kompensasi sebesar £15 juta. (*)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita