JIS Tergenang: Exco PSSI Arya Sinulingga Salahkan Drainase, Jakpro Membantah - Tempo

JIS Tergenang: Exco PSSI Arya Sinulingga Salahkan Drainase, Jakpro Membantah

Reporter

Minggu, 26 November 2023 14:35 WIB

  • Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga dalam sesi konferensi pers Piala Dunia U-17 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Oktober 2023. TEMPO/RandyBagikan

  • image social
  • image social
  • image social
  • image social
Iklan

TEMPO.COJakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Arya Sinulingga menilai drainase penyebab lapangan utama Jakarta International Stadium (JIS) tergenang.

Iklan

Peristiwa ini terjadi ketika hujan turun saat JIS menggelar pertandingan babak delapan besar Piala Dunia U-17 antara Timnas Brasil melawan Timnas Argentina, Jumat 24 November 2023.

Baca Juga:

"Urusan rumputnya botak sekalipun kalau drainasenya bagus, ya, pasti kecepatan air untuk mengering juga cepat," kata Arya Sinulingga ketika dihubungi, Ahad, 26 November 2023.

upayairiana-medrec

Arya berkukuh bahwa rumput lapangan utama JIS sudah bagus dan sesuai standar FIFA. 

Arya menuturkan, digantinya rumput lapangan utama JIS atas dasar rekomendasi FIFA setelah dilakukan pengecekan. Hal ini dilakukan sebelum Piala Dunia U-17 berlangsung di Indonesia.

Baca Juga:

Ketika itu turut hadir Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimoeljono, dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

"Rumput (yang sekarang) baru sebulan ditanam, tapi FIFA percaya bahwa ini kualitas bagus, sehingga mengusulkan supaya JIS jadi tempat pertandingan terbanyak (di Piala Dunia U-17)," ujarnya. 

Ia menuturkan konsultan yang dipakai untuk membenahi rumput JIS ini berasal dari Australia. Arya membantah jika rumput JIS saat ini diambil dari rumput lapangan golf.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Asumsi ini muncul sebab berkaitan dengan Qamal Mutaqin, ahli agronomi yang terlibat dalam pergantian rumput JIS. Qamal merupakan pemilik Karya Rama Prima, perusahaan yang bergerak dalam pembangunan, pemeliharaan, dan konsultan lapangan olahraga.

"FIFA itu melihat beberapa tempat. Sempat mau ambil rumput dari Palembang dan Bali, kejauhan. Akhirnya diambil rumput lapangan dari stadionnya UPH," katanya.

Ia mengklaim rumput ini sudah teruji kualitasnya. Sebab, katanya, selama dua pekan dipakai untuk melangsungkan pertandingan Piala Dunia U-17 kondisi rumput tidak hancur. "Kalau enggak bagus kualitasnya pasti udah hancur (rumput) itu," ucap Arya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin mengatakan debit air tinggi lah yang menyebabkan lapangan utama JIS tergenang.

“Memang debit air sangat tinggi, sehingga terjadi genangan, tetapi tidak berlangsung lama,” kata Iwan kepada TEMPO melalui pesan WhatsApp, Sabtu, 25 November 2023.

Menurut dia, seluruh drainase di lapangan JIS beroperasi dengan baik. Lapangan yang terendam air, tutur Iwan, hanya di area barat. “Dan sisanya kering,” ujarnya. 

LAPORAN UTAMA

LAPORAN NASIONAL

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

JIS Tergenang, Bung Kus Duga Ada Sisa Proyek yang Menghambat Drainase

5 menit lalu

Mohamad Kusnaeni. Instagram

Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni atau Bung Kus angkat bicara soal genangan yang terjadi di lapangan utama JIS

Top Skor Piala Dunia U-17 2023: Penyerang Timnas Argentina U-17 Agustin Ruberto Bicara Soal Persaingannya dengan Claudio Echeverri

37 menit lalu

Pemain timnas Argentina Agustin Roberto merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Venezuela  di babak 16 besar Piala Dunia U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 21 November 2023.  TEMPO/Prima mulia

Dua pemain timnas Argentina U-17 Agustin Ruberto dan Claudio Echeverri merupakan pemimpin sementara daftar top skor Piala Dunia U-17 2023.

Mengenal Yanis Issoufou yang Dilarang Memperkuat Timnas Prancis U-17 dalam Piala Dunia U-17 2023

59 menit lalu

Pesepak bola timnas Prancis Yanis Issoufou. ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Penyerang timnas Prancis U-17 Yanis Issoufou kabarnya kena larangan bermain lagi di Piala Dunia U-17. Itu imbas dari dugaan statusnya pemain ilegal.

Cerita Bintang Timnas Jerman U-17 Noah Darvich Senang Bisa ke Indonesia karena Piala Dunia U-17 2023

1 jam lalu

Pesepak bola Timnas Jerman Noah Darvich (kanan) menendang bola saat berhadapan dengan Timnas Selandia Baru dalam pertandingan babak penyisihan Grup F Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Rabu 15 November 2023. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Kapten timnas Jerman U-17 Noah Darvich memuji kota-kota di Indonesia yang disambangi selama Piala Dunia U-17 2023.

Tiket Pertandingan Babak Final Piala Dunia U-17 2023 di Solo Ludes

2 jam lalu

Marsal Masita, Head of Marketing and Commercial LOC Piala Dunia U-17 2023. (Foto: Media PSSI)

Tiket pertandingan final Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan Solo, telah terjual habis, untuk semifinal dan perebutan posisi ketiga masih ada.

Piala Dunia U-17 2023: Pelatih Timnas Mali U-17 Beri Kode Top Skor Tim Mamadou Doumbia Starter saat Hadapi Prancis

3 jam lalu

Pelatih Timnas Mali Soumaila Coulibaly. ANTARA/Mohammad Ayudha

Top skor timnas Mali U-17 Mamadou Doumbia yang sebelumnya kena kartu merah dipastikan bisa tampil melawan Prancis di semifinal Piala Dunia U-17 2023.

Pelatih Timnas Prancis U-17 Tertawa Saat Dengar Mali U-17 Ingin Cetak 10 Gol di Semifinal Piala Dunia U-17 2023

4 jam lalu

Pelatih Timnas Prancis Jean Luc Vannuchi. TEMPO/Hilman Fathurrahman

Pelatih timnas Prancis U-17 Jean Luch-Vannuchi mengapresiasi ambisi Mali U-17 yang ingin cetak 10 gol di laga semifinal Piala Dunia U-17 2023.

Inilah 5 Poin Pernyataan Exco PSSI Arya Sinulingga Soal Genangan di JIS Saat Piala Dunia U-17

4 jam lalu

Petugas saat mendorong air yang menggenangi salah satu sudut di lapangan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Jumat, 24 November 2023. Hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut membuat beberapa titik area lapangan untuk pertandingan babak perempat final Piala Dunia U-17 tergenang air. Pertandingan yang seharusnya dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB ditunda hingga pukul 19.30 WIB. Petugas berusaha untuk menghilangkan genangan agar tidak mengganggu jalannya permainan. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Exco PSSI Arya Sinulingga memberikan tanggapan soal genangan di JIS yang terjadi jelang pertandingan babak delapan besar Piala Dunia U-17.

Diserang Warganet Akibat Lapangan JIS Becek, Perusahaan Ini Bantah Terlibat Penggantian Rumput

4 jam lalu

Suasana lapangan Jakarta International Stadium menjelang laga Brasil U-17 vs Argentina U-17 dalam lanjutan perempat final Piala Dunia U-17 2023, Jumat, 24 November 2023. TEMPO/Randy

PT Karya Rama Prima diserang warganet X akibat lapangan JIS becek pada pekan lalu. Perusahaan itu membantah terlibat penggantian rumput JIS.

Piala Dunia U-17 2023: Timnas Jerman U-17 Nantikan Dukungan Langsung Ribuan Suporter di Stadion

5 jam lalu

Pesepak bola Timnas Jerman Charles Herrmannmelakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Timnas Amerika Serikat saat pertandingan babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa 21 November 2023. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Pelatih Christian Wueck dan kapten timnas Jerman U-17 Noah Darvich berharap dukungan suporter di stadion saat laga semifinal Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita