Didenda Komdis PSSI Rp 25 Juta, Manajemen Persib Cium Ada Kesengajaan Agar Kena Sanksi - Bolasport

Didenda Komdis PSSI Rp 25 Juta, Manajemen Persib Cium Ada Kesengajaan Agar Kena Sanksi

By Bagas Reza Murti, Kamis, 3 Agustus 2023 | 15:10 WIB
Logo Persib Bandung. Logo Persib Bandung. (NDARU GUNTUR/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Persib Bandung resmi mendapat denda Rp 25 Juta dari Komdis PSS akibat adanya suporter yang bertandang ke Stadion Brawijaya, Kediri pada Jumat (28/7/2023).

Kabar buruk menimpa Persib Bandung jelang lawan Bali United, Kamis (3/8/2023).

Maung Bandung resmi dijatuhi hukuman Rp 25 Juta dari Komdis PSSI.

Dilansir BolaSport.com dari laman resmi klub, denda ini diakibatkan adanya suporter Persib yang ikut bertandang ke Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Jumat (28/7/2023) lalu.

Persib telah melanggar pasal 51 ayat 6 Regulasi Kompetisi Liga 1 2023-2024 dan pasal 141 kode disiplin PSSI tahun 2023 yang mengatur larangan suporter tim tamu hadir di laga tandang.

Baca Juga: Kabar Pemain Timnas Indonesia di Eropa - Ivar Jenner Gantikan Peran Eks Manchester United, Marselino Starter Lagi

Pemain Persib Bandung, David da Silva saat melakukan serangan ke gawang Persik Kediri dalam laga pekan kelima Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Kediri, Jumat (28/7/2023). Pemain Persib Bandung, David da Silva saat melakukan serangan ke gawang Persik Kediri dalam laga pekan kelima Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Kediri, Jumat (28/7/2023). (TANGKAP LAYAR INSTAGRAM/@PERSIB)

Dalam salinan putusan yang diterima PersibKomdis PSSI menyebutkan, keputusan sanksi atas kedatangan suporter Persib di Stadion Brawijaya tersebut diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menegaskan sudah terjadinya pelanggaran regulasi dan disiplin tersebut.

Vice President Operasional PT Persib Bandung Bermartabat, Andang Ruhiat mengaku prihatin dan sangat menyayangkan adanya sanksi akibat perilaku anggota komunitas bobotoh yang tetap hadir di Stadion Brawijaya.

Pasalnya, baik dari Persib maupun panpel Persik Kediri sudah mengimbau dan mencegah suporter Persib Bandung datang.

Andang pun melihat ada unsur kesengajaan agar Persib Bandung terkena sanksi.

"Dengan tetap datang ke Kediri, kita menangkap adanya indikasi kesengajaan agar Persib terkena sanksi dan tampaknya kedatangan mereka ini juga terencana dan terorganisir," kata Andang.

"Tapi, saya berharap, indikasi itu tidak benar," tambahnya.

Andang kembali menyerukan kepada suporter Persib Bandung agar tak datang ke stadion saat partai tandang.

Baca Juga: PSSI Bolehkan Klub Tahan Pemainnya ke Piala AFF U-23 2023, Saatnya Shin Tae-yong Terapkan Aturan Panggil 2 Pemain Tiap Klub?

Penyerang Persib Bandung, Ciro Alves, saat pertandingan melawan Persik Kediri pada laga pekan kelima Liga 1 2023/2024, Jumat (28/7/2023). Penyerang Persib Bandung, Ciro Alves, saat pertandingan melawan Persik Kediri pada laga pekan kelima Liga 1 2023/2024, Jumat (28/7/2023). (INSTAGRAM/@PERSIB)

"Sebab berdasarkan regulasi dan kode disiplin, baik kedua klub akan mendapatkan sanksi jika ada suporter tamu yang datang ke stadion pada pertandingan tandang," kata Andang.

Persib Bandung akan menghadapi Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kamis (3/8/2023).

Jelang laga tersebut, manajemen Persib juga berkomitmen akan memperketat pendataan dan pengamanan untuk mengantisipasi suporter tamu di setiap laga kandang.

Andang Ruhiat pun berharap suporter mampu menjaga kondusifitas di tribune selama jalannya pertandingan.

"Kita harus bersama-sama menciptakan suasana pertandingan sepak bola yang aman dan nyaman," ujarnya.

"Dengan begitu pertandingan sepak bola bisa dinikmati oleh semua kalangan."

"Khususnya keluarga, kaum perempuan, ibu dan anak-anak," tambahnya.

Baca Juga: Link Live Streaming Persib Bandung Vs Bali United - Rencana Debut Bojan Hodak dan Levy Madinda yang Berkebalikan

Jelang laga Persib Vs Bali United, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono juga memastikan akan menindak tegas suporter yang melanggar aturan.

"Kami sudah komitmen dengan pihak bobotoh, juga manajemen," ujar Budi Sartono.

"Kalau nanti ditemukan flare atau barang terlarang lainnya, mereka sepakat untuk diberi tindakan tegas," tambahnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek