Menpora: Indonesia Bicara dengan Arab Saudi soal Piala Dunia 2034 - CNN Indonesia

 

Menpora: Indonesia Bicara dengan Arab Saudi soal Piala Dunia 2034

CNN Indonesia
Selasa, 17 Okt 2023 16:58 WIB
Menpora Dito Ariotedjo menyebut Indonesia sedang menjajaki kerja sama dengan Arab Saudi sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.
Menpora sebut Indonesia tengah jajaki komunikasi dengan Arab Saudi untuk jadi tuan rumah Piala Dunia 2034.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menpora Dito Ariotedjo menyebut Indonesia sedang menjajaki kerja sama dengan Arab Saudi sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Menpora mengaku akan mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Arab Saudi untuk menemui Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri Pangeran Mohammed bin Salman (MbS). Jokowi sendiri dijadwalkan akan bertolak dari China ke Riyadh pada Rabu (18/10).

"Ini kami lagi mengikuti perkembangannya, tetapi positioning Indonesia itu yang diinginkan bapak presiden kita menjadi co-host," kata Dito di Kemenpora, Selasa (17/10).

Pilihan Redaksi

"Jadi bagi negara-negara yang sedang menjajaki hubungan dengan Indonesia, saya sudah menyampaikan posisi hari ini kita ingin menjadi co-host," ucap Dito menambahkan.

Arab Saudi adalah satu-satunya negara yang telah resmi mengajukan diri ikut bidding tuan rumah Piala Dunia 2034. Itu dilakukan Arab Saudi pada 4 Oktober setelah FIFA membuka pendaftaran.

"Kita pembicaraan awal sudah. Arab Saudi kita sudah menyampaikan ingin jadi co-host dan ini saya akan terbang ke Arab Saudi mendampingi bapak presiden," kata Dito.

"Salah satu topik yang akan [dibahas] dengan MbS [soal bidding Piala Dunia 2034]. Pangeran [MbS] akan berbicara dengan bapak presiden [Jokowi]. Jadi ya semoga. Nanti akan kita update," ujar Dito.

Sebelumnya Indonesia menjalin hubungan dengan Australia untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. Komunikasi Indonesia dan Australia ini juga masih terus berjalan.

"Australia juga komunikasi berjalan dan negara-negara Asean juga berjalan. Pastinya [dibahas]. Intinya posisi kita Indonesia ingin menjadi co-host," kata Dito menegaskan posisi Indonesia.

FIFA resmi membuka proses bidding tuan rumah Piala Dunia 2034 pada 4 Oktober 2023 seusai FIFA Council. Batas akhir pernyataan minat menjadi tuan rumah ditutup pada 31 Oktober 2023.

(abs/rhr)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita