Menpora Dito Harap Indonesia Capai Target 10 Besar di Asian Para Games 2022 - inews

Menpora Dito Harap Indonesia Capai Target 10 Besar di Asian Para Games 2022

By Andhika Khoirul Huda
inews.id
October 17, 2023
Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022.
Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022.

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, berharap Kontingen Indonesia bisa mencapai target 10 besar dalam perolehan medali di ajang Asian Para Games (APG) 2022. Bahkan, dia ingin mereka bisa meraih hasil yang lebih baik dari target yang dicanangkan.

APG 2022 akan berlangsung pada 22-28 Oktober 2023 di Hangzhou, China. Dari 22 cabang olahraga yang dipertandingkan, Kontingen Indonesia akan mengikuti 12 cabor.

Cabor tersebut adalah para-bulu tangkis, para-renang, para-catur, para-balap sepeda, boccia, para-panahan, para-menembak, lawn ball, para-angkat berat, blind judo, para-tenis meja dan para-atletik. Para atlet-atlet terbaik Tanah Air dari masing-masing cabor pun diberangkatkan ke Negeri Tirai Bambu.

Dengan kekuatan 130 atlet, Tim Merah-Putih ditargetkan masuk peringkat 10 besar daftar perolehan medali di APG 2022. Dengan rincian meraih 19 emas, 23 perak dan 25 perunggu.

Editor : Fitradian Dhimas Kurniawan

Follow Berita iNews di Google News

Menpora Dito pun berharap target masuk 10 besar serta 19 emas tersebut mampu dicapai oleh para atlet Indonesia. Bahkan, menteri berusia 32 tahun itu punya harapan hasilnya bisa lebih baik dari target yang ada.

“Dari APG, Indonesia memiliki target itu 10 besar, dengan perolehan medali emas 19, jadi kami berharap bisa tercapai,” kata Dito kepada awak media saat ditemui di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

“Dari segi persiapan kami lihat kontingen paragames sudah maksimal. Dan kami berdoa saja (hasilnya) tidak meleset ke bawah (dari target) tapi meleset ke atas,” ujarnya.

Pada ajang Asian Games 2022 yang juga digelar di Hangzhou beberapa waktu lalu, Kontingen Indonesia gagal mencapai target delapan emas yang dipasang. Mereka hanya mampu membawa pulang tujuh medali emas saja.

Walaupun begitu, secara keseluruhan torehan tujuh emas, 11 perak dan 18 perunggu yang mereka dapat merupakan pencapaian terbaik Indonesia di Asian Games sejak 1978. Dengan pengecualian ketika menjadi tuan rumah pada edisi 2018 lalu.

Menpora Dito menilai perjuangan mereka tetap patut diapresiasi meski tak mampu mencapai target. Hal itu mengisyaratkan bahwa para atlet Indonesia di APG 2022 tak perlu terbebani dengan target yang ada, karena kerja keras mereka bakal tetap dihargai oleh pemerintah.

“Dan harus di ulangi kami meleset satu medali emas dan satu peringkat di Asian Games, tapi tetap perjuangan atlet Merah Putih tetap harus kita apresiasi, karena kemarin itu perolehan medali emas sejak tahun 78,” pungkas Dito.

Editor : Fitradian Dhimas Kurniawan

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek