Ini 5 Olahraga untuk Mencegah Osteoporosis By BeritaSatu

 

Ini 5 Olahraga untuk Mencegah Osteoporosis

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Ilustrasi Olahraga Lansia Sebelum Berangkat Haji
Ilustrasi Olahraga Lansia Sebelum Berangkat Haji

Jakarta, Beritasatu.com – Olahraga untuk mencegah osteoporosis penting diketahui masyarakat. Osteoporosis adalah suatu kondisi kesehatan saat kerapuhan tulang meningkat. Kondisi ini menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Secara alami sel-sel tulang terbentuk secara terus-menerus, tetapi pada kondisi osteoporosis, pembentukan tulang baru tidak dapat mengimbangi hilangnya sel-sel tulang yang sudah ada. Akibatnya, kepadatan tulang pun berkurang dan membuat tulang menjadi lebih rentan patah.

Penderita osteoporosis bisa berisiko mengalami patah tulang, terutama di pinggul, tulang paha, dan tulang belakang. Meski begitu, para penderita osteoporosis bisa berolahraga untuk menjaga kesehatan tulang, kekuatan otot, dan mengurangi risiko patah tulang. Namun, penderita osteoporosis tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga yang terlalu berat agar kekuatan tulang bisa tetap terjaga.

Berikut beberapa olahraga yang bisa mencegah osteoporosis.

Latihan Peregangan
Latihan ini dapat membantu mempertahankan fleksibilitas tubuh dan menjaga otot tetap bekerja dengan baik. Peregangan paling baik dilakukan setelah melakukan pemanasan. Peregangan harus dilakukan dengan perlahan. Bagi para penderita osteoporosis, hindari gerakan melenturkan tulang belakang atau mengharuskan menekuk pinggang.

Latihan Kekuatan
Dilansir mayoclinic, latihan kekuatan bisa memperkuat otot, tendon, dan tulang. Latihan ini juga bisa membantu pembentukan otot punggung yang penting untuk postur tubuh dan mendukung kepadatan tulang. Push-up, pull-up, sit-up, dan plank termasuk dalam olahraga yang melatih kekuatan.

Latihan Menahan Beban
Latihan menahan beban adalah latihan di mana kaki dan paha menopang berat badan. Latihan ini berguna untuk mencegah osteoporosis dengan cara memperkuat otot, ligamen, dan persendian. Latihan ini juga mampu meningkatkan aliran darah dan baik untuk jantung. Namun, bagi penderita osteoporosis tidak disarankan untuk melakukan angkat beban agar tulang tidak mudah rapuh. Aerobik, lompat tali, dan berlari temasuk dalam latihan menahan beban.

Tai Chi
Tai Chi adalah seni bela diri dari Tiongkok dengan gerakan lambat dan keseimbangan tubuh. Bela diri ini membantu memperbaiki keseimbangan, postur tubuh, harmonisasi, dan pernapasan yang mendalam. Olahraga ini baik untuk mencegah osteoporosis karena akan meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga mengurangi risiko penderita osteoporosis terjatuh.

Berjalan Kaki
Berjalan kaki adalah aktivitas fisik yang ringan dan minim risiko. Berjalan kaki mampu membantu memperkuat tulang dan otot tanpa memberikan tekanan berlebih pada sendi dan tulang sehingga baik untuk mencegah osteoporosis. Olahraga ini cenderung mudah dilakukan karena tidak memerlukan peralatan atau fasilitas olahraga khusus.

Beragam olahraga tersebut perlu dilakukan secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal serta mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang. Namun, konsultasikan kepada tenaga ahli kesehatan terkait jenis olahraga yang paling cocok untuk dilakukan.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita