Ganjar Siap Bangun Sekolah Sepak Bola di Papua jika Terpilih Jadi Presiden By BeritaSatu

Ganjar Siap Bangun Sekolah Sepak Bola di Papua jika Terpilih Jadi Presiden

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
October 29, 2023
Ganjar Pranowo.
Ganjar Pranowo.

Jakarta, Beritasatu.com - Calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo berkomitmen membangun sekolah sepak bola di Papua jika nanti terpilih menjadi presiden Indonesia. Hal tersebut, kata Ganjar, dalam rangka mencetak atlet-atlet berprestasi khusus di dunia sepak bola Indonesia.

Ganjar mengakui, kemampuan atletik masyarakat Papua sangatlah hebat. Selain sepak bola, kata Ganjar, olahraga basket sangat berpotensi di Papua.

"Sekolah bolanya di sana, atletiknya hebat, pasti main basket juga hebat di sana," tandas Ganjar.

Menurut Ganjar, cabang olahraga akan merata di seluruh Indonesia, sehingga tiap wilayah akan mendapat kesempatan yang sama, dan bisa mencetak atlet berprestasi masing-masing.

"Nanti di tempat lain ada yang silat, Jateng itu badminton. Itu udah tradisi. Ini contoh-contoh. Maka di setiap daerah akan muncul itu, dan itu sebenarnya konsepsi dalam politik olahraga yang kita siapkan," tandas Ganjar.

Ganjar memiliki perhatian yang serius terhadap pengembangan atlet. Perhatiannya ini ditanamkan dalam salah satu misinya yang tercantum di booklet visi-misi Ganjar-Mahfud. Dalam misi 1.4.5 yang bertajuk “Atlet Sejahtera Prestasi Mendunia” tertulis misi yang berbunyi “Penataan sistem rekrutmen, pembinaan, kompetisi, penghargaan, dan fokus pada kesejahteraan atlet, pelatih, dan tenaga keolahragaan.”

"Kami bertekad untuk mewujudkan olahraga unggulan sebagai lambang supremasi Indonesia seperti bulu tangkis, sepak bola, panjat tebing, dan angkat besi. Jika kami terpilih menjadi presiden dan dapat mewujudkan pembangunan sekolah sepak bola di Papua, maka tujuan dari misi ini akan makin terealisasi. Selain itu, bagi kami perhatian terhadap Papua juga akan menunjukkan tekad mewujudkan Indonesia Emas 2045," jelas Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menyinggung soal calon guru olahraga atau penerus olahraga jika terpilih menjadi presiden Indonesia. Menurut Ganjar, guru olahraga memiliki peran dalam dua hal penting, yaitu mengajarkan pendidikan, kesehatan dan juga kebugaran tubuh melalui olahraga.

"Ada dua hal, yang pertama guru olahraga harus mengajarkan pendidikan, satu kesehatan dan juga lewat kebugaran melalui olahraga, itu penting karena itu harus jadi lifestyle," tandas Ganjar.

Ganjar mengatakan bahwa dengan berolahraga setiap hari, maka akan berdampak baik bagi tubuhnya. Ganjar lantas bercerita setiap pagi selalu diingatkan untuk berolahraga oleh istrinya.

"Tiap hari saya dibangunkan istri saya, cepat salat subuh, setelah itu olahraga, lari. Kalau saya lagi tidak mau lari, saya berenang. Kalau tidak, aku jalan saja, tetapi selalu olahraga," jelas Ganjar.

Ganjar kemudian juga menyampaikan, bahwa sangat penting untuk menciptakan atlet-atlet berprestasi. Oleh karena itu, ia berpendapat, bahwa peran guru sangat penting dalam mencetak siswa yang akan menjadi atlet unggulan.

"Bagaimana menciptakan atlet berprestasi? Ini penting. Guru maka mesti menyiapkan, menurut saya perlu ada database yang bagus, sistem IT yang hebat yang dapat mendata, karir, cita-cita, talenta anak untuk bisa sampai atlet yang hebat di segala cabor (cabang olahraga)," pungkas Ganjar.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek