Daftar 9 Tim Negara Lolos Piala Asia Futsal 2024 - CNN Indonesia

 

Daftar 9 Tim Negara Lolos Piala Asia Futsal 2024

Selasa, 10 Okt 2023 04:40 WIB

Berikut daftar sembilan tim negara lolos Piala Asia Futsal 2024, baik yang melalui jalur tuan rumah atau melewati fase kualifikasi.

Ilustrasi timnas futsal Thailand yang akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2024. (AFP/RAUL ARBOLEDA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak delapan negara sudah memastikan tiket tampil di Piala Asia Futsal 2024 melalui jalur kualifikasi. Berikut daftar sembilan tim negara lolos Piala Asia Futsal 2024.

Thailand merupakan negara pertama yang memastikan tempat di putaran final Piala Asia Futsal tahun depan lantaran berstatus sebagai negara penyelenggara alias tuan rumah.

Sementara untuk negara yang memastikan tempat di Piala Asia Futsal 2024 tercatat hingga Selasa (10/10) terdapat delapan negara, dua di antaranya berasal dari Asia Tenggara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Vietnam yang merupakan kontestan Grup D sudah mengemas enam poin berkat kemenangan pada dua laga. Begitu pula dengan Korea Selatan di grup yang sama. Vietnam dan Korea akan bertemu pada laga terakhir dan tinggal menentukan posisi juara grup dan runner up.

Kasus yang sama juga terjadi di Grup E yang melibatkan Tajikistan dan Myanmar. Keduanya mengemas kemenangan atas India dan Palestina dan tinggal menentukan juara grup dalam laga yang akan berlangsung Rabu (11/10).

Kuwait dan Bahrain pun sudah mengumpulkan enam poin dari dua laga sehingga tidak mungkin disusul Brunei Darussalam dan Timor Leste di Grup F. Kuwait dan Bahrain akan menjalani laga perebutan juara grup pada hari terakhir kualifikasi besok.

Setali tiga uang dengan Irak dan Uzbekistan yang pada dua laga awal mengalahkan Malaysia dan Kamboja dalam pertandingan Grup G. Irak akan menghadapi Uzbekistan dalam laga terakhir untuk mengetahui posisi pemimpin klasemen. Dengan hasil di Grup G, Malaysia dipastikan tak bisa melangkah ke Piala Asia Futsal 2024.

Sementara persaingan ketat terjadi di Grup B yang melibatkan Indonesia, Afghanistan, dan Arab Saudi. Ketiga negara masih memiliki kans yang sama kendati saat ini Indonesia memimpin klasemen dengan empat poin dan unggul selisih gol atas Afghanistan, serta unggul satu poin atas Arab Saudi.

Pertandingan terakhir akan menentukan dua negara teratas di Grup B yang juga berisi Makau sebagai juru kunci dan dipastikan tidak bisa melaju ke Piala Asia Futsal 2024.

Di Grup C meskipun Iran memimpin klasemen dengan enam poin, kepastian lolos harus menunggu laga terakhir. Selain Iran, kemungkinan lolos juga dimiliki Lebanon dan Kirgistan. Sedangkan Maladewa sudah tidak punya peluang.

Sementara di Grup A yang menyisakan China dan Hong Kong, setelah Turkmenistan menyatakan mundur, akan dilakukan pertandingan dua leg untuk menentukan juara grup. Pada leg pertama China menang 6-0 dan leg kedua akan berlangsung Jumat (13/10). Hanya juara Grup A yang bisa melangkah ke Thailand.

Thailand ikut berpartisipasi dalam laga Grup A, namun poin kemenangan Negeri Gajah Putih tidak dihitung karena sudah lolos secara otomatis sebagai tuan rumah Piala Asia Futsal 2024.

Dua tiket lagi akan diperebutkan kontestan Grup H yang terdiri dari Jepang, Australia, dan Taiwan. Australia sudah merampungkan dua laga dengan hasil kalah melawan Jepang dan menang atas Taiwan.

Pertandingan Jepang vs Taiwan, Rabu (11/10), akan menentukan dua negara teratas Grup H yang bisa berpartisipasi di Piala Asia Futsal 2024.

Daftar 9 Tim Negara Lolos Piala Asia Futsal 2024:

1. Thailand
2. Vietnam
3. Korea Selatan
4. Tajikistan
5. Myanmar
6. Kuwait
7. Bahrain
8. Irak
9. Uzbekistan

(nva/nva)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek