Ada Sprint Race, Dorna Minta Ini ke Penyelenggara MotoGP Mandalika 2023 - detik

 

Ada Sprint Race, Dorna Minta Ini ke Penyelenggara MotoGP Mandalika 2023

Sirkuit Mandalika siap menggelar MotoGP 2023 pada 13-15 Oktober. Foto: Ahmad Subaidi/Antara Foto
Sirkuit Mandalika siap menggelar MotoGP 2023 pada 13-15 Oktober. Foto: Ahmad Subaidi/Antara Foto

Jakarta -

MotoGP 2023 hadir dengan format baru di mana ada balapan mini di hari Sabtu yang dinamakan sprint race. Balap sprint ini berlaku di semua seri MotoGP 2023, tak terkecuali seri Mandalika, yang digelar pada 13-15 Oktober 2023. Lalu bagaimana persiapan panitia lokal dalam menyambut menu balap sprint ini?

Seperti dijelaskan Direktur Utama MGPA (Mandalika Grand Prix Association) Priandhi Satria, Sirkuit Mandalika akan mengadaptasi format podium baru balap sprint. Sebab dari pihak Dorna Sports menginginkan podium sprint race dan podium race berbeda, seperti yang sudah dilakukan di 14 seri MotoGP 2023 sebelumnya.

"Yang sprint race, yang khusus kita baru belajar adalah buat podium seremoninya yang di trek. Karena tadinya kan podium biasa yang di atas. Mereka (Dorna) ternyata tidak mau sprint itu pakai podium yang di atas. Jadi MotoGP is MotoGP, yang sprint walaupun masih dalam perhelatan mereka, cuma bukan pakai podium di MotoGP," kata Priandhi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Ilustrasi podium sprint race Foto: Getty Images/Steve Wobser
Ilustrasi podium sprint race Foto: Getty Images/Steve Wobser

Sebagai informasi, sprint race sengaja diselenggarakan oleh Dorna buat menarik animo masyarakat lebih banyak. Sprint race terinspirasi dari format balapan di Formula 1 (F1).

Sprint race digelar di hari Sabtu sebelum sesi balapan utama hari Minggu. Sprint Race tepatnya digelar setelah sesi kualifikasi 1 dan 2 selesai. Dalam sprint race, lap yang harus ditempuh berjumlah setengah dari jumlah lap yang akan digunakan saat sesi balapan utama.

Tapi jumlah lap sprint race tidak selalu persis separuh jumlah lap dari balapan hari Minggu. Misalnya di MotoGP Mandalika 2023, balapan utama hari Minggu diselenggarakan 20 lap, sementara sprint race-nya ada 13 lap.

Sprint race pun akan memperebutkan poin yang bisa jadi tambahan rider di klasemen MotoGP. Namun, poin yang akan diraih turut berjumlah setengah dari poin yang didapat di sesi race.

Pemenang di sprint race akan dapat 12 poin. Peringkat kedua dapat 9 poin dan peringkat ketiga dapat 7 poin. Selanjutnya dari peringkat keempat sampai kesembilan berturut-turut akan dapat 6, 5, 4, 3, 2, 1 poin.

Simak Video "Juara di Motegi, Martin Kini Tertinggal 3 Poin dari Bagnaia"
[Gambas:Video 20detik]

(lua/rgr)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek