Ketum PSSI: FIFA Gelontorkan Rp 85,6 Miliar untuk Bangun Pusat Pelatihan Sepak Bola di IKN By BeritaSatu.

 

Ketum PSSI: FIFA Gelontorkan Rp 85,6 Miliar untuk Bangun Pusat Pelatihan Sepak Bola di IKN

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 22, 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melihat maket Nasional Training Center IKN, Jumat, 22 September 2023.
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melihat maket Nasional Training Center IKN, Jumat, 22 September 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir, mengungkapkan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah memberikan memberi dana sebesar Rp 85,6 miliar untuk mendukung pembangunan pusat pelatihan nasional atau national training center di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"FIFA telah memberikan pendanaan sebesar Rp 85,6 miliar pada tahap pertama ini. Ini merupakan kali pertama FIFA memberikan bantuan sebesar ini kepada sebuah negara," ujar Erick dalam acara Groundbreaking National Training Center IKN yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat (22/9/2023).

Proyek pembangunan national training center IKN akan dilaksanakan dalam dua tahap yang akan memanfaatkan lahan seluas 34,5 hektare yang diberikan oleh Otorita IKN.

Erick Thohir menargetkan bahwa proses groundbreaking national training center IKN akan selesai dalam enam bulan, lebih cepat dari perkiraan awal yang mencapai delapan bulan.

Pada tahap pertama pembangunan, Erick Thohir menjelaskan bahwa akan disediakan dua lapangan sepak bola beserta fasilitas akomodasi bagi atlet dan pelatih yang dilengkapi dengan ruang ganti serta fasilitas pendukung lainnya. Erick juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani, atas dana APBN sebesar Rp 90 miliar yang diberikan untuk pembangunan fasiltas sepak bola ini di IKN.

Sementara pada tahap kedua pembangunan, Erick menambahkan, akan dibangun delapan lapangan, termasuk lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, dan fasilitas pendukung seperti kolam renang, laboratorium olahraga, dan lainnya.

"Saya percaya ini merupakan simbol bahwa komunitas internasional, khususnya FIFA, memiliki keyakinan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara dan ini adalah langkah yang sangat positif," ujar Erick Thohir.

Ia berharap bahwa fasilitas olahraga di IKN akan memenuhi harapan para penggemar sepak bola Indonesia, dan mencatat bahwa pembangunan pusat pelatihan nasional ini adalah sebuah prestasi sejarah yang dicapai berkat dukungan dan kepercayaan dari Presiden serta komitmen FIFA dalam melihat transformasi sepak bola Indonesia yang lebih profesional dan berprestasi.

Acara groundbreaking Nasional Training Center IKN dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Exco PSSI, dan perwakilan dari FIFA.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita