BWF Izinkan Pebulutangkis Rusia dan Belarusia Ikut Kompetisi pada Februari 2024 By BeritaSatu

 

BWF Izinkan Pebulutangkis Rusia dan Belarusia Ikut Kompetisi pada Februari 2024

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
August 14, 2023
Ilustrasi bulutangkis.
Ilustrasi bulutangkis.

London, Beritasatu.com – Pebulutangkis Rusia dan Belarusia akan diizinkan kembali berkompetisi sebagai atlet individu netral pada event yang disetujui oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mulai Februari tahun 2024.

Dewan BWF, pada Selasa (29/8/2023), melakukan pemungutan suara untuk menyetujui kerangka peraturan yang mengizinkan atlet dengan paspor Rusia dan Belarusia berkompetisi secara netral, mulai 26 Februari 2024.

BWF pertama kali melarang atlet Rusia dan Belarusia pada Maret tahun lalu setelah Rusia menginvasi Ukraina. Belarusia telah digunakan sebagai basis utama perang Rusia di Ukraina, yang oleh Moskwa disebut sebagai “operasi khusus”.

Pada bulan April BWF mengatakan, tidak ada justifikasi yang memuaskan untuk mencabut skorsing terhadap pemain dan ofisial dari kedua negara.

Kini mereka telah menyelaraskan diri dengan rekomendasi Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mengizinkan atlet dari kedua negara kembali berkompetisi sebagai atlet netral.

“BWF telah bekerja sama secara erat dan konstruktif dengan IOC mengenai masalah ini untuk memastikan proses pengambilan keputusan yang kredibel, dapat diandalkan, dan holistik,” kata Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund dalam siaran persnya.

Ia melanjutkan, “Kami merasa keputusan untuk mencabut skorsing terhadap atlet Rusia dan Belarusia yang memenuhi kriteria untuk berpartisipasi sebagai atlet individu netral merupakan langkah maju yang positif sebagai bagian dari upaya kami untuk mempromosikan perdamaian dan solidaritas,” ujar Presiden BWF Poul-Erik Hoyer menambahkan.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita