Mengenal Julian Schwarzer: Kiper Baru Arema FC, Putra Mantan Penggawa Chelsea dan Fulham - bolanet

 Mengenal Julian Schwarzer: Kiper Baru Arema FC, Putra Mantan Penggawa Chelsea dan Fulham

Bola.net - Profil Julian Schwarzer yang bakal menjadi penjaga gawang Arema FC di BRI Liga 1 2023/2024. Julian Schwarzer merupakan anak dari kiper legendaris Australia yakni Mark Schwarzer.

Arema FC awalnya mengandalkan kiper lokal di BRI Liga 1 2023/2024. Namun, performa yang ditunjukkan Teguh Amiruddin dan Adixi Lenzivio dinilai belum meyakinkan. Arema FC pun mengejar pemain asing untuk posisi kiper.

Bagi Arema FC, bekerja sama dengan kiper asing bukan hal yang baru. Sebelumnya, Singo Edan pernah memakai jasa Adilson Maringa. Selain itu, ada nama Srdjan Ostojic yang juga pernah menjaga gawang Arema FC.

"Kiper yang akan didatangkan ini memiliki paspor Filipina. Insyaallah, ia bakal segera datang dan langsung menjalani tes medis," ucap sumber di internal Arema.

Lantas, siapa Julian Schwarzer dan bagaimana karier sepakbolanya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Garis Sepak Bola dari Sang Ayah

Nama Schwarzer harusnya tidak asing lagi bagi pecinta sepak bola, khususnya yang mengikuti Premier League periode 2000-an. Sebab, ada nama Mark Schwarzer yang cukup ikonik bersama Middlesbrough dan Fulham.

Mark Schwarzer juga pernah membela Chelsea pada 2013 hingga 2015. Hanya saja, kiper dengan 109 caps bersama Australia itu hanya menjadi cadangan di Chelsea.

Mark adalah ayah kandung dari Julian Schwarzer. Jadi, Julian mewarisi darah sepak bola yang diturunkan dari ayahnya. Mark dan Julian juga bermain untuk peran yang sama, penjaga gawang alias kiper.

2 dari 5 halaman

Mengapa Bela Timnas Filipina?

Jika Mark Schwarzer bermain untuk tim nasional Australia, maka Julian punya jalan yang berbeda. Julian tidak mengikuti jejak sang ayah untuk membela Australia. Julian memilih membela Filipina, negara asal sang ibu.

Keputusan Julian Schwarzer membela Timnas Filipina bisa dibilang realistis. Dia sudah didekati PFF (Federsi Sepak Bola Filipina) sejak 2019. Namun, dia baru bergabung dengan Filipina pada 2022.

Julian Schwarzer masuk dalam skuad Filipina di Piala AFF 2022 lalu. Schwarzer memainkan dua laga, lawan Brunai Darussalam dan Thailand. Pada dua laga tersebut, Julian Schwarzer kebobolan lima kali.

3 dari 5 halaman

Karier di Eropa yang Kandas

Karier di Eropa yang Kandas

Aksi Julian Schwarzer (c) www.ftbl.com.au

Julian Schwarzer memulai karier di Eropa. Pada 2016, dia tergabung dengan akademi Fulham dan mampu menembus tim U-16. Fulham adalah tim yang dulu pernah dibela sang ayah.

Julian Schwarzer bertahan di Fulham hingga level U-23. Namun, dia tak pernah menembus tim senior dan minim mendapat menit bermain. Schwarzer juga pernah memperkuat klub Regionaliga Jerman, Pipinsried.

Julian Schwarzer lantas menjadi bagian dari tim Azkals Development Team. Lalu, pada musim 2023, Schwarzer bermain untuk klub asal Malaysia yakni Kuching FA. Dari lima laga yang dimainkan bersama Kuching FA, Schwarzer tak pernah nirbobol dan kebobolan sembilan kali.

4 dari 5 halaman

Profil Julian Schwarzer

Biodata

Nama: Julian Garcia Schwarzer
Tanggal lahir: 26 Oktober 1999
Tempat lahir: Harrogate, North Yorkshire, Inggris
Posisi bermain: Kiper

Karier klub

2018–2019: Pipinsried
2019: Harlow Town
2019: Slough Town
2019: Chipstead
2020: Harrow Borough
2020: Basingstoke Town
2020–2022: Fulham
2022: Kingstonian (loan)
2022–2023: Azkals DT
2023–sekarang: Kuching City

Karier internasional

2022-sekarang: Filipina

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita