Heru Budi: Saya Tidak Pernah Katakan JIS Ada Masalah - detik

 

Heru Budi: Saya Tidak Pernah Katakan JIS Ada Masalah

By Tiara Aliya Azzahra
detikcom
July 28, 2023
Heru Budi Hartono
Heru Budi Hartono
Jakarta -

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan, sejak awal dirinya tak pernah mengatakan ada masalah di Jakarta International Stadium (JIS). Heru menekankan upaya yang saat ini tengah dilakukan adalah menyempurnakan sarana dan prasarana di stadion berskala internasional itu.

"Saya luruskan, saya tidak pernah mengatakan JIS itu ada masalah, media yang mengatakan, 'Pak, kalau JIS ada masalah, bagaimana?'. Ya kalau ada masalah, ke Inspektorat," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/2023).

Heru juga menjelaskan mengenai keterlibatan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam audit pembangunan JIS. Berdasarkan hasil audit dari BPKP, peningkatan sarana dan prasarana perlu dioptimalkan.

Heru juga menganggap masuknya BPKP dalam proses audit merupakan hal yang wajar. Sebab, JIS merupakan bagian dari aset milik negara.

"Agar bisa dioptimalkan, BPKP menyarankan atensi optimalkan sarana dan prasarana. Kemarin atau bulan ini Pemda DKI bersama pemerintah pusat melakukan optimalisasi sarana prasarana menuju dan keluar dari JIS," jelasnya.

"Kita optimalkan. Saya tidak pernah bilang revitalisasi. Saya hanya bilang meningkatkan, penyempurnaan, menyempurnakan yang sudah ada," tambah dia.

Aspek yang disempurnakan meliputi penambahan akses jalan menuju stadion maupun area parkir. Dalam hal ini, Pemprov DKI Jakarta berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Atas hal ini, Heru pun enggan berpolemik mengenai perbaikan JIS.

"Udah ya. Jadi polemik JIS sudah saya jawab, nggak usah nanyain JIS-JIS lagi supaya JakPro bisa dari segala sisi mengoptimalkan pendapatan dan membayar utang kita. Sehingga dari sisi olahraga, U-17 bisa dipakai, olahraga mana bisa dipakai, pokoknya kita juga ceritakan rekomendasi keamanan juga yang nonton," tegas Heru.

Sebagaimana diketahui, rencana perbaikan JIS mengundang berbagai polemik di tengah masyarakat. Polemik itu muncul setelah rumput JIS disebut-sebut tak sesuai dengan standar FIFA.

Kabar terakhir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mengaudit pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Heru Budi Hartono akan melibatkan Inspektorat serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam proses audit tersebut.

"Nanti audit Inspektorat, sama kami minta juga BPKP," kata Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, seperti dilansir Antara, Rabu (26/7/2023).

Namun Heru belum memastikan waktu pelaksanaan audit oleh Inspektorat dan BPKP untuk pembangunan JIS itu.

"Ya nanti kita lihat (kapan audit Inspektorat dan BPKP dilakukan), kan kemarin juga ada hasil audit BPK," kata Heru.

Simak juga 'Penjelasan Erick soal Catatan JIS Meski FIFA Belum ke Indonesia':

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita