Sudirman Cup 2023 - Malaysia Sudah Juara Grup C, Hati-Hati Indonesia By BolaSport

 

 - Sudirman Cup 2023 - Malaysia Sudah Juara Grup C, Hati-Hati Indonesia

By BolaSport.com, Nestri Y
bolasport.com

BOLASPORT.COM - Malaysia telah resmi menjadi juara Grup C pada Sudirman Cup 2023 setelah mengandaskan Taiwan dengan skor 4-1.

Prediksi persaingan yang panas di grup C nyatanya tidak benar-benar terjadi pada Sudirman Cup kali ini.

Malaysia yang tergabung bersama tim kuat India dan Taiwan, plus Australia, ternyata mampu merebut posisi juara grup dengan mudah.

Laga Malaysia kontra India mungkin yang hasilnya paling di luar prediksi.

Kekalahan 1-4 dari India saat Kejuaraan Beregu Campuran Asia 2023 dibalas lebih telak oleh Malaysia dengan kemenangan 5-0.

Kejutan terbesar terjadi di tunggal putri ketika mantan juara dunia junior, Goh Jin Wei, mengalahkan Pusarla Venkata Sindhu dengan skor 14-21, 21-10, 22-20.

Sedangkan melawan Taiwan, Malaysia pun di atas angin.

Debut andalan baru Malaysia di ganda campuran, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei membuka keran poin Malaysia.

Juara Orleans Masters 2023 itu berhasil menang atas Ye Hng Wei/Lee Chia Hsin dalam laga thriller dengan skor 17-21, 21-19, 21-17.

"Ini adalah Sudirman Cup pertama kami dan kami sangat bertekad untuk menampilkan yang terbaik," ucap Toh Ee Wei dikutip BolaSport.com dari The Star.

"Saya harus berterima kasih kepada partner saya Tang Jie yang bermain sangat hebat."

"Kami sangat senang bisa memberikan poin pertama untuk tim kami," tandas anak asuh pelatih asal Indonesia, Nova Widianto.

Taiwan sempat diperkirakan mampu mencuri dari nomor tunggal.

Di tunggal putra, ada Chou Tien Chen yang punya modal selalu menang atas Lee Zii Jia dalam empat pertemuan terakhir.

Namun siapa sangka, pada laga hari ini, Chou justru banyak tak berkutik.

Diwarnai penyelamatan apik terhadap lob serang Chou dari depan net, Lee mengalahkan Chou dalam straight game, 21-14, 23-21.

"Itu adalah laga revans setelah saya terus-terusan kalah melawan dia dalam empat pertemuan terakhir," ucap Lee usai laga.

"Saya bermain dengan sabar dan memiliki kontrol bola lebih baik."

"Saya bangga dengan diri saya sendiri karena bisa menyumbangkan poin untuk tim," imbuhnya.

Sementara di tunggal putri, Malaysia harus rela mengakui keunggulan Taiwan yang punya mantan ratu bulu tangkis Tai Tzu Ying.

Keajaiban Goh Jin Wei tidak terulang karena dia dikalahkan Tai dengan cukup mudah. Skor akhir laga cukup jomplang yaitu 21-8, 21-10.

Sedangkan dua poin tim Negeri Jiran selanjutnya diraih oleh ganda putra dan ganda putri.

Ong Yew Sin/Teo Ee Yi menang atas Lu Ching Ya/Yang Po-Han dengan skor 21-8, 23-21, meski poin terakhir Malaysia cukup sempat kontroversial.

Sedangkan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan mampu menutup laga Malaysia dengan manis dengan kemenangan 21-15, 19-21, 21-15.

Melihat kekuatan Malaysia yang bisa dibilang hampir merata, maka Indonesia pun wajib mewaspadai kejutan yang mampu diberikan oleh skuad Negeri Jiran.

Malaysia juga punya sejarah bagus karena memenangi bentrok terakhir dengan Indonesia di perempat final Sudirman Cup 2021.

Mereka menjegal langkah Indonesia ke semifinal dengan skor 3-2 di mana Indonesia kalah di partai tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran.

Malaysia akan melawan salah satu dari runner-up grup.

Indonesia sendiri masih harus memperjuangkannya dengan melawan Thailand pada laga terakhir di Grup B pada Kamis (18/5/2023) besok.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita