Hasil Final AFF Futsal Club Championship 2023: Black Steel FC Juara Usai Menang Drama Adu Penalti atas Hongyen Thakam! - Okezone

 

Hasil Final AFF Futsal Club Championship 2023: Black Steel FC Juara Usai Menang Drama Adu Penalti atas Hongyen Thakam!

bola.okezone.com
May 7, 2023
Black Steel juara AFF Futsal Club Championship 2023 usai kalahlan Hongyen Thakam di final.
Black Steel juara AFF Futsal Club Championship 2023 usai kalahlan Hongyen Thakam di final.

NAKHON RATCHASIMA – Klub futsal asal Indonesia, Black Steel FC berhasil menjuarai AFF Futsal Club Championship 2023. Gelar juara dipastikan usai Black Steel menang 4-2 melalui babak adu penalti atas klub futsal asal Thailand, Hongyen Thakam, pada Minggu (7/5/2023).

Laga final AFF Futsal Club Championship 2023 berlanjut ke babak final lantaran kedua tim sama kuat 1-1 di waktu normal. Hongyen Thakam unggul lebih dulu lewat gol Taktau, lalu Evan Soumilena membuat skor menjadi 1-1.

Babak tambahan dimainkan tapi skor masih sama kuat 1-1 dan karena itulah drama adu penalti terjadi. Kini dengan kemenangan itu, gelar juara AFF Futsal Club Championship kembali pulang ke Indonesia, setelah pada edisi sebelumnya, yakni pada 2022 lalu, Bintang Timur Surabaya juga juara.

BACA JUGA:

Jalannya Pertandingan

Black Steel harus mendapat tekanan dari para pemain Hongyen Thakam di menit-menit awal. Serangan yang dilancarkan tim asal Thailand itu mampu membuahkan hasil manis lewat gol yang dicetak oleh Therosak. Tertinggal 0-1 membuat Evan Soumilena dan kolega tampil lebih menekan.

Peluang emas sempat diciptakan Evan Soumilena lewat tendangan kerasnya yang masih membentur tiang gawang Hongyen Thakam. Tampaknya dewi fortuna benar-benar belum berpihak pada Black Steel. Sebab, tendangan yang dilesatkan Guntur juga membentur tiang gawang

Petaka harus didapat Black Steel di lima menit akhir babak pertama karena sang pelatih mereka, Rakhpol Sainetngam diganjar kartu merah. Dia diganjar kartu merah karena melakukan protes keras kepada pengadil lapangan.

Tentu ini menjadi kerugian bagi klub asal Indonesia itu karena tidak dipimpin oleh sang pelatih dari pinggir lapangan. Dan benar saja, Black Steel kesulitan untuk mendobrak pertahanan Hongyen Thakam, sehingga membuat mereka tertinggal 0-1 di babak yang pertama.

Di babak kedua, Black Steel sama sekali tidak menurunkan tempo permainannya. Samuel Amos cs terus mencari celah untuk mencetak gol penyama kedudukan. Tapi harus diakui bahwa lini pertahanan Hongyen Thakam sangat sulit untuk ditembus.

Sampai akhirnya, Black Steel berhasil mencetak gol penyama kedudukan menjadi 1-1 setelah pertandingan memasuki 10 menit akhir. Adalah Evan Soumilena yang sukses menjebol gawang Hongyen Thakam lewat sontekan kaki kanannya.

Memasuki menit-menit akhir, pertandingan berjalan sangat ketat. Baik Black Steel dan Hongyen Thakam saling berbalas serangan kendati tidak ada yang berbuah gol sampai peluit panjang babak kedua dibunyikan. Pertandingan pun harus berlanjut ke babak tambahan.

Follow Berita Okezone di Google News

Babak Tambahan

Black Steel terus menebar ancaman ke gawang Hongyen Thakam. Peluang demi peluang pun sempat mereka ciptakan. Akan tetapi kiper Honyen Thakam bermain sangat baik karena kerap melakukan save yang krusial.

Sementara Hongyen Thakam bermain cukup terbuka demi mencetak gol keunggulannya. Namun skor imbang 1-1 masih menghiasi jalannya pertandingan tersebut.

Di babak tambahan waktu kedua, Hongyen Thakam mendapat peluang melalui direct freekick yang masih bisa diantisipasi pemain Black Steel. Lagi-lagi kedua tim masih kesulitan untuk mencetak gol keunggulan. Alhasil, pertandingan akan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Di babak adu penalti,

Black Steel (4): Diego Rodrigo (O), Ardiansyah Nur (O), Evan Soumilena (O), Henrique (O).

Hongyen Thakam (3): Rian Gomes (O), Wendel Mendes (X), Therosak (O), Witaya (O), Thipong (X).

Follow Berita Okezone di Google News

(RNR)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita