Presiden FIFA Gianni Infantino Enggan Ikut Campur Masalah Israel dan Palestina, Timnas Israel U-20 Tetap Tampil di Piala Dunia U-20 2023? - Okezone

 

Presiden FIFA Gianni Infantino Enggan Ikut Campur Masalah Israel dan Palestina, Timnas Israel U-20 Tetap Tampil di Piala Dunia U-20 2023?

3-3 minutesPresiden FIFA Gianni Infantino enggan ikut campur konflik Israel dan Palestina.
Presiden FIFA Gianni Infantino enggan ikut campur konflik Israel dan Palestina.

PRESIDEN FIFAGianni Infantino, pernah menolak mencampuri masalah Israel dan Palestina. Apakah ini pertanda Timnas Israel U-20 tetap tampil di Piala Dunia U-20 2023?

Medio 2016, Federasi Sepakbola Palestina (PFA) mengajukan protes kepada FIFA. Protes diajukan karena sebanyak enam klub Israel memilih bermarkas di wilayah Palestina, yakni tepi barat.

Namun, apa respons FIFA setelah mendapat protes dari PFA? Presiden FIFA Gianni Infantino enggan mengurusi masalah Israel dan Palestina di atas.

Dalam pandangan Gianni Infantino, masalah wilayah di tepi barat merupakan ranahnya hukum publik internasional, bukan FIFA. Karena itu, Gianni Infantino memilih netral dan enggan memberikan hukuman kepada Federasi Sepakbola Israel (IFA).

“FIFA memutuskan menahan diri untuk menjatuhkan sanksi atau tindakan lain baik itu kepada FA Israel maupun FA Palestina,” kata Gianni Infantino mengutip dari Reuters.

“Wilayah yang disengketakan menjadi perhatian otoritas hukum publik internasional dan FIFA harus tetap netral,” lanjut pria keturunan Italia-Swiss tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Melihat respons Gianni Infantino di atas, apakah ini pertanda FIFA takkan pernah menghukum sepakbola Israel? Baru-baru ini, tentara Israel menyerang sepakbola Palestina.

(Momen tentara Israel masuk ke dalam stadion di final Piala Liga Palestina)

Tentara Israel menyerang final Piala Liga Palestina yang mempertemukan Balata FC vs Jabal Al Mukaber pada Kamis, 30 Maret 2023 malam WIB. Saat itu, tentara Israel melemparkan gas air mata dan peluru karet ke arah penonton dan pemain.

Akibatnya, banyak suporter dan pemain yang sesak napas sehingga pertandingan ditunda selama satu jam. Lantas, apa respons FIFA menyikapi insiden tersebut?

Sejauh ini, FIFA belum memberikan respons, meski kejadian sudah terjadi satu minggu yang lalu. Jika FIFA tidak menjatuhkan hukuman kepada Israel, otomatis Timnas Israel U-20 bisa ambil bagian di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ram)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita