Kazakshtan Dicoret dari Kalender MotoGP 2023, Ternyata Gegara Ini - detikoto

 

Kazakshtan Dicoret dari Kalender MotoGP 2023, Ternyata Gegara Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 27 Apr 2023 09:48 WIB
MotoGP Kazakhstan digelar di Sokol Circuit pada tahun depan.
MotoGP Kazakhstan batal digelar tahun ini. Foto: dok.MotoGP
Jakarta -

Sokol International Racetrack batal menjadi tuan rumah MotoGP tahun ini. Sirkuit yang terletak di Kazakhstan itu belum lolos homologasi.

FIM, IRTA, dan Dorna Sport memutuskan Sokol International Racetrack, Almaty, Kazakhstan batal menggelar MotoGP 2023. Sebelumnya sirkuit sepanjang 4.495 meter itu dijadwalkan mentas 7-9 Juli 2023, tapi ternyata tiga bulan jelang penyelenggaraan belum siap menggelar MotoGP.

"Pekerjaan homologasi yang sedang berlangsung di sirkuit, ditambah dengan tantangan operasional global saat ini, mengharuskan pembatalan acara 2023," bunyi pernyataan MotoGP.

PARALLAX IN DETAIL
300x250

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dorna Sport masih memberikan kesempatan Sirkuit Sokol untuk menyelesaikan pembangunan untuk musim depan. Diketahui Kazakhstan sudah mencapai kesepakatan dengan Dorna Sport untuk menggelar MotoGP selama lima tahun.

"MotoGP berharap dapat mengunjungi Internastonal Sokol Racetrack pada tahun 2024 untuk menyambut arena baru ke dalam kalender," tambahnya lagi.

Meski absennya Sirkuit Sokol yang membuat jadwal balapan berkurang. Dorna Sport tidak berencana menambah sirkuit pengganti dalam kalender 2023.

Di luar pembangunan yang belum selesai. Sirkuit Sokol mengklaim sebagai sirkuit tercepat di dunia. Team Sirkuit Sokol pernah menyebutkan insinyur data Dani Pedrosa lewat simulasi sudah mengkonfirmasi hal tersebut, kendati belum diungkap ke publik berapa top speed yang didapat.

Para pebalap MotoGP memiliki jeda musim panas yang lebih panjang. Ada jarak 42 hari antara MotoGP Belanda (25 Juni) yang awalnya merupakan seri kedelapan dan MotoGP Inggris (6 Agustus) yang semula merupakan seri ke-10.

Dengan absennya Kazakhstan, membuat MotoGP 2023 gagal menambahkan rekor baru sebagai musim terpanjang. Sebelumnya 21 putaran jadi tertinggi sepanjang masa, menjadi 20 putaran.





Simak Video "Kebakaran Hutan di Kazakhstan Paksa Ratusan Warga Dievakuasi"


(riar/dry)

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita