Diklaim Gantikan Indonesia, Peru Justru Terancam Gagal Gelar U-17 - CNN Indonesia

 

Diklaim Gantikan Indonesia, Peru Justru Terancam Gagal Gelar U-17

CNN Indonesia
3-4 minutesRabu, 29 Mar 2023 14:34 WIB

Di tengah rumor menjadi pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Peru justru terancam gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Peru terancam gagal Piala Dunia U-17 2023. (REUTERS/MOHAMMED DABBOUS)

Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah rumor menjadi pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Peru justru terancam gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang dijadwalkan berlangsung 10 November-2 Desember 2023.

Peru diklaim sejumlah pihak akan menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Bahkan wartawan senior, Yeyasas Oktavianus, mengklaim FIFA sudah mengirim surat ke pemerintah bahwa posisi Indonesia telah digantikan Peru.

Selain itu muncul juga rumor posisi Indonesia dan Peru akan ditukar. Peru akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, sementara Indonesia akan menggelar Piala Dunia U-17 2023 di mana Israel sudah dipastikan tidak bisa lolos.

Namun semua rumor itu bertentangan dengan kondisi Peru saat ini. Dikutip dari Infobae, Federasi Sepak Bola Peru (FPF) sedang mempertimbangkan untuk mundur sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 karena alasan ekonomi.

Wacana untuk mundur muncul setelah Pemerintah Peru dikabarkan menolak untuk mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk memperbaiki infrastruktur. Pemerintah Peru sedang fokus mengalokasikan dana untuk membiayai masyarakat yang terkena imbas bencana banjir.

Pemerintah Peru memilih untuk tidak melakukan renovasi Stadion Nasional, Lima, yang diproyeksi menjadi venue utama Piala Dunia U-17 2023. Pemerintah Peru memprioritaskan penataan kembali kawasan yang paling rusak akibat bencana alam.

Meski belum ada keputusan resmi, FPF berharap FIFA tidak menjatuhkan sanksi kepada Peru karena situasi kejadian luar biasa.

Bermasalah sejak awal

Tanpa ada insiden bencana, persiapan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 juga sudah bermasalah sejak awal. Situasi menjadi rumit ketika Pedro Castillo, Presiden Peru pada 2021 hingga 2022, anggaran penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

Renovasi Stadion Piura dan Tacna juga dilanjutkan karena ditemukan kejanggalan dalam pelaksanaan pekerjaan. Kondisi itu membuat renovasi stadion-stadion tidak akan selesai tepat waktu sesuai permintaan FIFA.

Dua stadion yang siap untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023 yang dimulai 10 November mendatang adalah Stadion Nasional Lima dan Stadion 25 de Noviembre.

Sementara itu Sporting News mengklaim FIFA sudah mempertimbangkan untuk mencari tuan rumah baru pengganti Peru. Terlebih pemerintah Peru sudah memprediksi akan ada banyak bencana hingga akhir tahun 2023 hingga negara membutuhkan uang lebih banyak.

Bukan hanya infrastruktur stadion, fasilitas publik seperti jalan raya dan transportasi menyambut Piala Dunia U-17 2023 juga tidak dikerjakan.

(har)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita