Luhut: Danau Toba Gelar Kejuaraan Jetski Oktober Mendatang - Beritasatu

 

Luhut: Danau Toba Gelar Kejuaraan Jetski Oktober Mendatang

Minggu, 26 Februari 2023 | 08:00 WIB
Oleh: Yudo Dahono / YUD

Luhut Pandjaitan.
Luhut Pandjaitan. (Foto: Antara)

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan bahwa Danau Toba, di Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah kejuaraan jetski pada bulan Oktober tahun ini. Kejuaraan ini akan diadakan setelah perhelatan balap kapal super cepat F1 Powerboat pada bulan Februari 2023 yang lalu.

Advertisement

Menurut Luhut, setiap tahun akan ada dua acara seperti ini, satu untuk F1 Powerboat dan yang kedua untuk jetski. Selain itu, akan diadakan juga kongres atau pertemuan luar biasa organisasi powerboatdi dunia yang akan berlangsung di Parapat. Ini akan membuat Danau Toba menjadi tujuan wisata prioritas yang akan tercapai.

"Tiap tahun akan ada dua event seperti ini, satu F1 Powerboat dan kedua jetski. Sekaligus lagi diatur kongres atau pertemuan luar biasa powerboat organization di dunia, tempatnya di Parapat. Ini akan buat Danau Toba jadi tujuan turis destinasi prioritas akan tercapai," kata Luhut.

Seperti dikutip dari kantor berita Antara, Sabtu (25/2/2023) Luhut mengatakan bahwa konferensi besar terkait F1 Powerboat akan dihadiri oleh sekitar 25-30 negara. Danau Toba sendiri akan menjadi tuan rumah F1 Powerboat selama lima tahun ke depan. Pelaksanaan F1 Powerboat di Danau Toba ini menjadi pembuka dari seri 2023.

Advertisement

Meskipun Indonesia belum mengirimkan pembalapnya pada kejuaraan kali ini, Luhut mengungkapkan bahwa pendiri H20 Racing, Nicolo Di San Germano, yang juga sekaligus menjadi promotor dari Kejuaraan Dunia F1 Powerboat, berharap Indonesia nantinya mampu mengirimkan perwakilannya di ajang tersebut.

Luhut mengatakan, "Nicolo sempat bicara sama saya supaya kami bisa mengirimkan tim juga, mungkin 1-2 tahun ke depan kita coba siapkan, tetapi kalau untuk jetski, kami coba usahakan."

F1 Powerboat diprediksi dapat menghasilkan perputaran uang sebesar Rp300 miliar dalam satu minggu rentang acaranya, dimulai dari persiapan hingga hari balapan. Oleh karena itu, Luhut berpesan agar seluruh pihak harus berupaya untuk bekerja sama dan kompak dalam menjadikan acara ini sukses.

Luhut mengatakan, "Tidak ada yang boleh merasa dirinya paling hebat, kita bahu-membahu membuat acara ini sukses."

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi, Arena]

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita