F1 Powerboat, BMKG Prakirakan Cuaca Aman di Danau Toba - Beritasatu

 

F1 Powerboat, BMKG Prakirakan Cuaca Aman di Danau Toba

Minggu, 26 Februari 2023 | 08:00 WIB
Oleh: Ichsan Ali / FMB

Kepala Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat jumpa pers di Media Center F1 Powerboat Danau Toba, Sabtu (25/2/2023).
Kepala Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat jumpa pers di Media Center F1 Powerboat Danau Toba, Sabtu (25/2/2023). (Foto: Beritasatu.com)

Toba, Beritasatu.com - Kepala Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan, kondisi cuaca diprakirakan aman untuk dilakukan perhelatan F1 Powerboat pada Minggu (25/2/2023) di kawasan Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Sebelumnya, babak kualifikasi sempat ditunda karena cuaca buruk pada hari Sabtu kemarin.

Advertisement

Dwikorita menjelaskan, cuaca besok akan cerah berawan mulai pukul 06.00-16.00 WIB. Setelahnya, terdapat hujan ringan hingga sedang sampai pukul 19.00 WIB.

"Bagaimana dengan cuaca besok? Nah kami sudah memprediksi cuaca besok itu adalah cerah berawan mulai pagi sampai sore, jadi insyaallah kalau tidak ada perubahan yang dinamis, cuaca aman. Namun, setelah pukul 4 sore sampai 7 malam itu terjadi hujan ringan hingga sedang, kemudian mulai pukul 7 sampai malam hari cerah berawan lagi," ungkap Dwikorita saat jumpa pers di Media Center F1 Powerboat Danau Toba, Sabtu (25/2/2023).

"Arah angin masih sama dari timur laut artinya masih menimbulkan gelombang diprediksi 0,4 meter maksimum bisa 1,1 meter dan gelombang ini tidak statis," jelasnya.

Advertisement

Diketahui sesi kualifikasi F1 Powerboat Danau Toba 2023 hari ini terpaksa ditunda karena kondisi gelombang tinggi dan kecepatan arah mata angin dari Timur Laut.

"BMKG mencatat arah dan kecepatan angin dari arah timur laut. Tercatat gelombangnya sampai 0,5 meter jadi 50 sentimeter. Jadi sudah ada aturannya ya kalau dikatakan aman untuk menyelenggarakan," ungkapnya.

"Kemudian kecepatan angin tadi itu mencapai 8 knot padahal batasnya 5 knot jadi kan sudah 3 knot di atasnya, sekitar 16 kilometer per jam ini. Kemudian suhunya tadi 20 derajat celcius, meskipun cuacanya cerah jadi tidak hanya persoalan cerahnya tidak ada hujan tapi itu juga tadi, arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, temperatur," tambah Dwikorita.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi, Tekno]

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita