5 Fakta Menarik Shayne Pattynama, Calon Penggawa Timnas Indonesia Didikan Ajax Amsterdam - inews

 

5 Fakta Menarik Shayne Pattynama, Calon Penggawa Timnas Indonesia Didikan Ajax Amsterdam

Gany Bani Isnanto
5 Fakta Menarik Shayne Pattynama, Calon Penggawa Timnas Indonesia Didikan Ajax Amsterdam
Shayne Pattynama menjadi pemain naturalisasi baru Indonesia. Dia memiliki kemampuan spesial sebagai seorang bek. (foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Shayne Pattynama menjadi pemain naturalisasi baru Indonesia. Dia memiliki kemampuan spesial sebagai seorang bek.

Shayne mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa, (24/1/2023). Kegiatan itu dilakukan di kantor Wilayah Kemenkumham Republik Indonesia, Jakarta.

00:00
01:30

Kehadiran Shayne akan membuat Timnas Indonesia menjadi mengerikan. Sebelum Shayne, ada Sandy Walsh dan Jordi Amat yang sudah jadi WNI.

Siapakah Shayne Pattynama ini? iNews.id merangkum beberapa fakta menarik Shayne Pattynama:

5 Fakta Menarik Shayne Pattynama

1. Profil dan Biodata Shayne Pattynama
Shayne Pattynama memiliki nama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama. Lahir di Lelystad, Belanda pada 11 Agustus 1998. Pemain berusia 24 tahun ini berposisi sebagai gelandang dan bek kiri. Memiliki tinggi badan 185 cm. Saat ini dia bermain di salah satu klub di kompetisi paling atas liga Norwegia, Viking FK. 

Menurut transfermarkt.co.id, Shayne Pattynama ikut berkontribusi pada ajang UEFA Conference League dengan bermain sebanyak 6 pertandingan serta mencetak 1 assist. Berikut adalah biodata Shayne Pattynama:

Nama Lengkap : Shayne Elian Jay Pattynama
Tempat Lahir  : Lelystad, Belanda
Tanggal Lahir  : 11 Agustus 1998
Usia   : 24 Tahun
Tinggi Badan  : 185 cm
Klub saat ini   : Viking FK

2. Memiliki Keturunan Maluku
Shayne Pattynama merupakan pemain dengan memiliki darah Indonesia yang sangat kental. Darah Indonesia mengalir dari ayahnya. Ayah dari Shayne sendiri berasal dari Semarang dan memiliki keturunan Maluku. Itulah sebab Shayne memiliki nama belakang Pattynama. 

Alasan demikian yang membuat Shayne lebih memilih sebagai warga negara Indonesia sebagai kebangsaannya. Shayne baru saja menyelesaikan proses naturalisasinya selasa (24/1/2023) kemarin. Dengan sah nya Shayne menjadi WNI, Shayne akan segera bergabung dengan Timnas Indonesia untuk persiapan Piala Asia 2023 mendatang. 

3. Didikan Akademi Ajax dan Utrecht
Shayne mengawali karir sepakbolanya di akademi junior di Belanda. Pemain keturunan Maluku itu sudah menjajal beberapa akademi klub besar di Belanda. Klub pertama Shayne adalah Lelystad 67 Youth. 

Kemudian, Shayne menuju Ajax Youth pada 2007. Setelah itu, pada 2010 Shayne menuju FC Utrecht Youth. Pada 2015, Shayne dipromosikan ke FC Utrecht Jong. Shayne sudah mendapat pengalaman yang cukup banyak di Akademi sepak bola Belanda.

4. Bermain di Kasta Teratas Liga Norwegia
Saat ini Shayne berstatus sebagai pemain di salah satu klub yang bermain di kasta teratas Liga Norwegia, Viking FK. Shayne bergabung dengan Viking FK pada 1 April 2021. Bersama Viking FK, Shayne sudah memainkan 55 pertandingan. Dari seluruh pertandingan bersama Viking FK, Shayne berhasil mencetak 2 gol dan 6 assist.

Sementara sepanjang karirnya saat ini, Shayne sudah memainkan 184 pertandingan dan sudah mencetak 8 gol serta 12 assist. Menit bermain yang dimiliki Shayne sebanyak 12.261 menit.

5. Menjadi Pesaing Arhan Pratama
Dengan sah nya Shayne Pattynama menjadi WNI. Maka ia akan masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia yang dipersiapkan untuk ajang Piala Asia 2023 nanti. Shayne memiliki posisi utama sebagai bek kiri. 

Dimana sebelumnya posisi itu di Timnas Indonesia diisi oleh Arhan Pratama. Tentu akan menjadi pertanyaan besar, siapakah yang akan menjadi pilihan Coach Shin Tae-yong untuk mengisi posisi bek kiri Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti?

Berikut adalah beberapa fakta menarik dari Shayne Pattynama. Pemain yang baru saja mendapatkan status WNI nya pada 24 Januari kemarin. Pemain ini juga akan dipersiapkan untuk ajang Piala Asia 2023 yang akan datang. Apakah Shayne mampu berkontribusi secara maksimal? Patut kita nantikan. 

Editor : Ibnu Hariyanto

Follow Berita iNews di Google News 


[Category Opsiin, Media Informasi, Arena, Sepak Bola, Sepak Bola Indonesia]

[Tags Featured, Shayne Pattynama, Timnas Indonesia, Sepak Bola, Sepak Bola Indonesia,Ajax Amsterdam]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek