Begini Cara Pengisian dan Manajemen Baterai Mobil Balap Formula E

Baca berita bebas iklan lewat aplikasi
Install
Tentu balapan dengan mobil listrik sangat berbeda jauh dengan mobil pembakaran internal maupun hybrid seperti Formula 1. Banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya penggunaan baterai.
Jaguar TCS Racing Operation Manager, Chris Shortt dengan cuaca Jakarta yang sangat panas ini, pendingin memiliki peran yang sangat penting pada saat pengisian baterai. Adapun pengisian tersebut menggunakan teknologi buatan McLaren yang terletak di sebelah mobil.

“Di Jakarta sangat panas, jadi sesuatu yang harus kita perhatikan pada baterai, pada saat di garasi, saat kita lakukan pengisian daya untuk mencegah naiknya suhu kita menggunakan pendingin,” terang Chris saat ditemui di paddock Jaguar, Jumat (3/6).
Pendingin yang dimaksud terbuat dari cairan yang akan mengelilingi baterai yang terletak tepat di belakang pengemudi. Layaknya seperti handphone, tim tidak ingin baterai terlalu panas maupun terlalu dingin. Sehingga harus mencapai suhu yang cukup ideal dengan lokasi sirkuit.
Ketika pendingin dilepas dan mobil dibawa ke sirkuit untuk persiapan balap, sudah menjadi tanggung jawab tim untuk menjaga kondisi suhu baterai sebelum balapan dimulai.
Waktu pengisian baterai

Menurut Chris, pengisian baterai dilakukan pada saat Free Practice dan Qualifying saja dan biasanya penggunaan baterai tidak terlalu banyak pada saat sesi tersebut, terkadang masih tersisa setengah dari total kapasitas baterai, yakni 54 kW.
“Sangat jarang baterai habis sebelum balapan dimulai, jadi hanya pada saat balapan baterai akan dihabiskan, untuk latihan dan qualifying biasanya habis setengah dan membutuhkan sekitar 1 jam untuk pengisian,” ucap Chris.
Lebih lanjut, agar pengisian lebih efektif dan tidak menghabiskan banyak energi, bakal ada waktu tertentu bagi seluruh tim supaya bisa mengisi baterai mobil.
“Jadi ketika ada waktu pengisian, generator akan menyala pada waktu tertentu kemudian akan dimatikan, ini bertujuan agar lebih efisien,” lanjut Chris.
Saat balapan, bagaimana?

Pada saat balapan, manajemen sangat penting terutama dengan cuaca Jakarta yang panas. Agar baterai tidak terlalu panas dan tidak cepat habis sebelum balapan berakhir. Menurutnya, balapan tidak selalu siapa yang paling cepat namun dengan manajemen dan strategi yang paling baik.
Dengan balapan yang berlangsung selama 45 menit ditambah dengan satu lap, selain manajemen baterai dan ban, mobil Formula E juga mengadopsi teknologi regenerative braking, mirip seperti mobil listrik saat ini.
“Regenerasi sangat penting dari bagian strategi, saat balapan kami memiliki engineers yang berkomunikasi langsung dengan pebalap, mereka akan mengatur strategi dan penggunaan energi saat balapan,” tutur Chris.
Chris menyebutkan, seluruh baterai mobil harus berada dalam kondisi habis ketika melewati garis finis. Jadi, apabila ada sisa energi, akan digunakan untuk mendorong mobil menjadi lebih cepat.