Timnas Indonesia Dapat Sanksi dari AFC usai Tahan Imbang Bahrain? - suara

 

Timnas Indonesia Dapat Sanksi dari AFC usai Tahan Imbang Bahrain?

Jum'at, 11 Oktober 2024 | 18:15 WIB
Timnas Indonesia Dapat Sanksi dari AFC usai Tahan Imbang Bahrain?
Reaksi kekasih Shayne Pattynama usai Timnas Indonesia dicurangi wasit. [Instagram, TikTok @gaudanationalteam46]
Follow Suara.com untuk mendapatkan informasi terkini. Klik WhatsApp Channel & Google News

Suara.com - Timnas Indonesia bakal menghadapi ancaman sanksi setelah bermain imbang melawan Timnas Bahrain pada pertandingan lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tersebut.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam WIB itu, ada beberapa insiden yang membuat Timnas Indonesia menghadapi bayang-bayang sanksi dan hukuman.

Duel kedua tim berjalan imbang dengan skor 1-1 pada babak kedua lewat gol Mohamed Jasim Marshoon (15’) dan Ragnar Oratmangoen (45+3’). Lalu, skuad Garuda sukses mengukir keunggulan lewat gol Rafael Struick (74’).

Sayangnya, keputusan wasit Ahmed Al Kaf terhitung kontroversial saat melanjutkan laga hingga menit ke-90+10. Padahal, babak tambahan waktu hanya diberikan selama enam menit. Artinya, ada tambahan waktu empat menit.

Dalam periode tambahan waktu inilah yang membuat Bahrain bisa mencetak gol. Mohamed Jasim Marshoon menjebol gawang Timnas Indonesia pada menit ke-90+10’. Gol yang dicetak setelah tambahan waktu habis inilah yang membuat skuad Garuda kebobolan.

Setelah pertandingan berakhir, ada banyak pemain Timnas Indonesia yang terlibat gesekan. Friksi ini mencuat karena anak asuh Shin Tae-yong merasa bahwa keputusan yang diambil oleh wasit janggal dan merugikan.

Gol telat dari Timnas Bahrain membuat para pemain, ofisial, dan pelatih kecewa. Bahkan, manajer Timnas Indonesia, Sumardji, yang melancarkan protes keras sampai mendapat kartu merah dari wasit.

Salah satu pemain yang terlihat begitu emosional pada momen ini ialah Shayne Pattynama. Bahkan, dia sampai harus ditenangkan oleh rekan-rekannya karena sempat terlibat ketegangan dengan petugas keamanan.

Keributan semacam inilah yang berpotensi menimbulkan sanksi dari FIFA maupun AFC. Sebab, ada beragam sanksi yang mengintai, seperti ketika momen kericuhan Timnas Indonesia U-23 pada final SEA Games 2023.

Dalam insiden itu, ada beberapa pemain skuad Garuda Muda yang terlibat adu jotos dengan pemain Thailand. Bahkan, beberapa nama pemain sampai harus mendapatkan sanksi denda hingga larangan bermain.

Titan Agung dan Komang Teguh menjadi dua pemain yang dihukum paling parah. Sebab, selain diganjar denda sebesar 1.000 dollar atau setara dengan Rp1,5 juta, keduanya juga dilarang tampil sebanyak enam laga.

Berkaca dari pengalaman ini, keributan para pemain Timnas Indonesia saat melawan Bahrain berpotensi menimbulkan sanksi dan hukuman meskipun insidennya tak separah final SEA Games 2023.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita