Situs Resmi dan Media Sosial PSSI Bahrain Diserang Hacker, Buntut Laga Lawan Timnas Indonesia? - Bola net

 

Situs Resmi dan Media Sosial PSSI Bahrain Diserang Hacker, Buntut Laga Lawan Timnas Indonesia? - Bola

Bola.net - Bahrain masih menjadi topik hangat di Tanah Air. Kini, federasi sepak bola Bahrain mengklaim mendapat serangan siber di situs resmi dan akun media sosial mereka, beberapa hari usai laga versus Timnas Indonesia.

Dalam pernyataannya melalui akun media sosialnya pada Senin (14/10/2024) pagi WIB, BFA mengumumkan ada rangkaian serangan siber yang datang dengan percobaan peretasan yang cukup masif dan mengganggu, termasuk yang diarahkan kepada pemain tim nasional lewat komentar yang menyerang dan tidak pantas.

"Akun media sosial dan situs web korespondensi Asosiasi Sepak Bola Bahrain menjadi sasaran berbagai upaya peretasan, yang menyebabkan peretasan akun beberapa karyawan dan gangguan layanan. Akun media sosial pemain tim nasional juga menjadi sasaran upaya peretasan selain banyak komentar yang menyinggung dan tidak pantas," bunyi pernyataan BFA.

Kepala Departmen Teknologi Informasi BFA, Majdi Aldoseri, menjelaskan situs web dan akun sosial media Asosiasi Sepak Bola Bahrain menjadi sasaran berbagai laporan dan upaya peretasan, yang membuat departmennya bekerja keras untuk melawan upaya ini.

"Menyerukan kepada semua pihak yang menggunakan sistem korespondensi elektronik Asosiasi Sepak Bola Bahrain untuk berhati-hati, tidak mengklik tautan yang mencurigakan, dan mengubah kata sandi, untuk menghindari peretasan," lanjut pernyataan BFA.

1 dari 4 halaman

Upaya Perlawanan dengan Memperbarui Sistem

Upaya Perlawanan dengan Memperbarui Sistem

Aksi Malik Risaldi dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Bahrain vs Timnas Indonesia, Kamis (10/10/2024). (c) AFC

Aldoseri juga menekankan bahwa upaya menjadikan BFA sebagai sasaran merupakan bagian dari serangan siber yang dialami berbagai institusi atau individu, yang memperlihatkan pentingnya mengambil tindakan pencegahan.

Terutama karena hal ini terkait dengan sistem asosiasi, situs web, dan akun media sosial yang afiliasinya menjadi sasaran berbagai ancaman dan komentar yang menyinggung.

Departemen Teknologi Informasi, menurut Aldoredi, terus menindaklanjuti persoalan dengan menerapkan kebijakan keamanan yagn kuat dan menerapkan praktik terbaik, seperti memperbarui program dan sistem secara berkala dengan meningkatkan pendekatan asosiasi untuk menjaga ruang elektronik yang aman dan melindungi semua pengguna.

Lebih lanjut, Aldoredi menekankan upaya semacam tu tidak akan menghalangi BFA untuk menjalankan perannya sebagai lembaga penyelenggara sepak bola di Kerajaan Bahrain melalui berbagai kegiatan, event, dan kompetisi.

2 dari 4 halaman

Terkait Pertandingan Bahrain Vs Timnas Indonesia?

Terkait Pertandingan Bahrain Vs Timnas Indonesia?

Amine Benaddi membayangi Rafael Struick dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Bahrain vs Timnas Indonesia, Kamis (10/10/2024). (c) AFC

Dalam keterangan resminya itu, akun media sosial BFA tidak membuka kolom komentar. Hal tersebut sudah diambil sejak pertandingan antara Timnas Bahrain melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung pada Kamis (10/10/2024).

Hasil pertandingan imbang 2-2 yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, itu pun dikaitkan dengan serangan siber yang dialami oleh BFA.

Kecurigaan terhadap kepemimpinan yang dilakukan oleh wasit yang bertugas, Ahmed Al Kaf, yang tidak kunjung mengakhiri pertandingan hingga melewati tiga menit dari waktu tambahan yang diumumkan ofisial keempat, hingga Bahrain mencetak gol penyeimbang kedudukan, memicu kemarahan di ranah media sosial.

Tak hanya datang dari penggemar di Indonesia, kecurigaan-kecurigaan terhadap kecurangan juga datang dari berbagai pihak, termasuk media-media internasional yang juga mengamati jalannya pertandingan.

3 dari 4 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia

Aksi penyelamatan Maarten Paes dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Bahrain vs Timnas Indonesia, Kamis (10/10/2024). (c) AFC

Berikut hasil dan jadwal Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

  • 6 September 2024 - Arab Saudi 1-1 Indonesia
  • 10 September 2024 - Indonesia 0-0 Australia
  • 10 Oktober 2024 - Bahrain 2-2 Indonesia
  • 15 Oktober 2024 - China vs Indonesia
  • 15 November 2024 - Indonesia vs Jepang
  • 19 November 2024 - Indonesia vs Arab Saudi
  • 20 Maret 2025 - Australia vs Indonesia
  • 25 Maret 2025 - Indonesia vs Bahrain
  • 5 Juni 2025 - Indonesia vs China
  • 10 Juni 2025 - Jepang vs Indonesia.

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup C

Klasemen sementara Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (c) AFCKlasemen sementara Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (c) AFC

Disadur dari: Bola.com (Beneditkus Gerendo Pradigdo) 12 Oktober 2024

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita