Singgung Pemain Naturalisasi, Media Korea Sebut Ada Satu Masalah yang Jadi Biang Keladi Kekalahan Timnas Indonesia atas China- tvOne

 

Singgung Pemain Naturalisasi, Media Korea Sebut Ada Satu Masalah yang Jadi Biang Keladi Kekalahan Timnas Indonesia atas China

tvOnenews.com - Media asal Korea Selatan menyebut ada satu faktor yang menjadi penyebab kekalahan Timnas Indonesia atas China di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sambil menyinggung pemain naturalisasi Timnas Indonesia, mereka mengatakan bahwa persoalan ini harus segera dibenahi oleh pelatih Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia di luar dugaan justru menderita kekalahan atas tim tuan rumah China dalam lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Padahal, banyak pihak sebelumnya mengunggulkan Timnas Indonesia untuk mencuri poin penuh di Qindao Youth Football Stadium, markas China.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia memang sedang dalam kepercayaan diri tinggi sebelum melawat ke China. Ini karena mereka tidak terkalahkan dalam tiga laga beruntun.

Ditambah lagi dengan datangnya amunisi Eropa baru yaitu Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang diharapkan dapat membantu perjuangan Timnas Indonesia menuju Piala Dunia.

Sebaliknya, China malah bernasib apes. Mereka selalu kalah dalam tiga laga terakhir, sehingga duel lawan Timnas Indonesia jadi ujian terakhir bagi pelatih Branko Ivankovic.

Situasi semakin tidak memungkinkan lantaran sejumlah pemain penting China seperti Fernandinho maupun sang kapten Wu Lei harus absen karena cedera.

Namun, dukungan dari belasan ribu suporter di stadion seketika membangkitkan semangat tim China. Hasilnya, mereka unggul cepat di babak pertama melalui Behram Abduweli dan Zhang Yuning.

Pasukan Shin Tae-yong hanya mampu memperkecil ketertinggalan melalui Thom Haye jelang berakhirnya laga setelah memanfaatkan lemparan jauh Pratama Arhan.

Usai laga, beberapa pengamat sepak bola dunia bertanya-tanya mengapa Timnas Indonesia harus kalah dari China yang sebetulnya tampil pincang.

Secara khusus, media asal Korea Selatan memberikan atensi kepada Timnas Indonesia besutan pelatih Shin Tae-yong yang telah melakukan persiapan matang jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Mereka pun merilis sebuah artikel yang menyentil aktivitas Timnas Indonesia sebelum Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena aktif menaturalisasi pemain keturunan Eropa.

“Indonesia banyak berinvestasi menjelang pertandingan ini (vs China). Untuk persiapan kualifikasi Piala Dunia yang dipimpin oleh pelatih Shin Tae-yong, tim aktif melakukan naturalisasi pemain berkewarganegaraan ganda yang bermain di pentas Eropa,” kata media Korea.

“Oleh karena itu, sekitar setengah dari daftar panggilan tim nasional pada bulan Oktober terdiri dari pemain-pemain Eropa,“ sambungnya.

Kendati demikian, media Korsel tersebut berujar bahwa pemain keturunan Eropa itulah yang justru menjadi masalah. Miskomunikasi di lini bertahan merupakan sebabnya.

Ketika berhadapan dengan China, Shin Tae-yong memang menurunkan pemain asal Eropa di lini pertahanan Timnas Indonesia seperti Jay Idzes, Mees Hilgers, dan Calvin Verdonk.

Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Sumber :
  • X @timnasindonesia

“Namun, pengorganisasian merupakan sebuah masalah. Tim pertahanan yang terdiri dari para pemain liga Eropa silih berganti menyebabkan kecelakaan besar,” tulis media Korea, Osen.

Osen, sebuah media asal Korea Selatan menambahkan jika kesalahan di lini pertahanan yang membuat Timnas Indonesia kecolongan meski unggul penguasaan bola.

“Indonesia yang menguasai bola dan mengambil inisiatif di babak pertama, terpuruk akibat kesalahan konyol barisan pertahanan,” tutupnya.

Meski kalah dari China, namun peluang Timnas Indonesia untuk finis di posisi empat besar tetap terbuka lebar karena di grup C masih menyisakan lima pertandingan lagi.

(han)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita